Dalam
pelayanan prima sangat di perlukan suatu standar penampilan pribadi dari
sesorang, organisasi, maupun perusahaan. Standar penampilan pribadi ini
diperlukan untuk memberi kayakinan, meningkatkan pelayanan, dan menjaga kepuasan
pelanggan. Pelanggan merupakan aset yang sangat berharga dan harus tetap di
pertahankan. Apabila standar penampilan pribadi tersebut di abaikan, maka
dampak yang ditimbulkan akan sangat merugikan perusahaan atau organisasi. Sulit
di bayangkan apabila suatu perusahaan harus kehilanggan pelanggan yang
potensial dan banyak memberikan keuntungan, hanya gara – gara standar
penampilan pribadi dari karyawan atau pegawai yang tidak sesuai dengan
keinginan pelanggan.
Standar
berarti suatu ukuran yang di sepakati, sedangkan penampilan dari sesorang
meupun organisasi atau perusahaan merupakan aspek yang dapat dilihat dan
dirasakan oleh orang atau pihak lain. Jadi, standar penampilan pribadi
merupakan penampilan diri sesorang organisasi atau perusahaan yang sesuai
dengan standar yang berlaku, baik di lingkungan pribadi, lingkungan masyarakt,
maupun lingkungan kerja.
Penampilan
pribadi ini erat kaitannya dengan citra atau image perusahaan atau organisasi.
Dengan kata lain, penampilan pribadi yang serasi merupakan personifikasi dari
organisasi atau perusahaan. Setiap karyawan atau pegawai hendaknya menyadari
bahwa mereka perlu memberikan suatu presentasi pribadi yang memenuhi standar
akan menimbulkan dan meningkatkan kepercayaan dalam diri orang lain dan pelanggan.
Penampilan pribadi yang baik juga akan menumbuhkan rasa percaya diri bagi
karyawan suatu perusahaan. Sebaliknya, penampilan pribadi yang buruk subuah
barang tertentu akan menurukan citra dari perusahaan atau organisasi tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar