Rabu, 25 April 2018

KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU (Integrated Marketing Comunication)



KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU (Integrated Marketing Comunication)

Kotler dan Keller (2012) menyatakan bahwa IMC merupakan konsep perncanaan komunikasi pemasaran yang mengakui nilai tambah suatu rencana yang komprehensif. American association of advertising agencies (AAAA) Menyatakan bahwa IMC merupakan konsep perencanaan komunikasi pemasaran yang menghargai pentingnya nilai tambah dari sebuah perencanaan yang komprehensif yang digunakan untuk mengevaluasi peran – peran strategis dari berbagai disiplin komunikasi, contohnya periklanan secara umum ( general advertising), tanggapan langsung ( direct respons), promosi penjualan ( sales promotion), dan kehumasan ( Public relations ), dan menggabungkan semua disiplin tersebut untuk menyajikan kejelasan,konsistensi, dan dampak komunikasi yang maksimal.
Integrated marketing comunication (IMC) merupakan salah satu strategi perusahaan untuk mengkomunikasikan produknya secara efektif kepada pelanggan. IMC merupakan proses lintas fungsi untuk menciptakan dan memelihara hubungan yang saling menguntungkan dengan pelanggan dan stakeholeder lainya. IMC bertujuan menciptakan brand relationship yang kuat dan bersifat jangka panjang melalui elemen komunikasi yang ada pada level menajemen pemasaran yang akhirnya akan menciptakan penjualan dan keuntungan bagi perusahaan.

Ciri-ciri utama Komunikasi Pemasaran Terpadu
1.Mempengaruhi perilaku
Tujuan KPT adalah untuk mempengaruhi perilaku khalayak sasarannya. Karena itu, komunikasi pemasaran tidak hanya digunakan untuk mempengaruhi kesadaran khalayak atas sebuah merek tapi juga mampu menggerakkan orang untuk bertindak.
2.Berawal dari pelanggan dan calon pelanggan
Dalam KPT, penggunaan strategi komunikasi pemasarannya didasarkan pada kebutuhan pelanggan dan calon pelanggan. Oleh karena itu, perlu adanya riset untuk mengetahui keinginan pasar sehingga mampu menyusun metode pemasaran yang tepat dan efektif.
3.Menggunakan satu atau segala cara untuk melakukan “kontak”
KPT menggunakan seluruh bentuk komunikasi yang dapat menghubungkan merek atau perusahaan dengan pelanggan atau calon pelanggan. Seluruh bentuk Komunikasi (misalnya iklan, PR, jaringan distribusi, sales promotion, atau direct marketing) merupakan alat penyampaian pesan yang potensial supaya terjadi kontak atau hubungan antara perusahaan dan pelanggan.
4.Berusaha Menciptakan Sinergi
Supaya perencanaan pemasaran dapat berjalan dengan baik diperlukan kesinambungan atau koordinasi antara semua elemen komunikasi (iklan, tempat pembelian, promosi penjualan, event, dan lain-lain). Hal ini bertujuan untuk mengahasilkan citra merek yang kuat sehingga mampu menggerakkan konsumen.
5.Menjalin hubungan
Komunikasi pemasaran yang sukses membutuhkan terjadinya hubungan antara merek dengan pelanggannya. Dengan adanya hubungan tersebut diharapkan mampu menjadi pengait antara merek dengan konsumen untuk membangkitkan loyalitas konsumen terhadap merek.

Tujuan Komunikasi Pemasaran
Komunikasi pemasaran meliputi tiga tujuan utama, yaitu : menyebarkan informasi ( komunikasi informatif ), mempegaruhi untuk melakukan pembelian atau menarik konsumen ( komunikasi persuasif ), dan menginatkan khalayak untuk melakukan pemebelian ulang ( komunikasi mengingatkan kembali ). Tujuan komunikasi pemasaran pada dasarnya adalah memberikan efek berikut :
1.      Efek kognitif, yaitu memebentuk kesadaran informasi tertentu dalam benak pelangan.
2.      Efek afektif, yaitu memberikan pengaruh untuk melakukan sesutu yang diharapkan adalah reaksi pembelian dari pelanggan.
3.      Efek konatif atau perilaku, yaitu membentuk pola khalayak menjadi perilaku selanjutnya. Perilaku yang di harapkan adalah pembelian ulang

Fokus Integrated Marketing Comunication (IMC)
Uyung Sulaksana (2005) menyatakan bahwa IMC mencangkup empat fokus utama, yaitu :
1.      Aspek filosofi, mulai dari visi yang dijabarkan menjadi misi hingga dirumuskan menjadi sasaran korporat yang menjadi pedoman semua fungsi dalam perusahaan.
2.      Menyagkut keterkaitan kerja antarfungsi yakni operasi sumber daya manusia, pemasaran, distribusi, dan penjualan.
3.      Menjaga keterpaduan dan integrasi berbagai funsi tersebut untuk mewujudkan tiga hal,yitu konsistensi positioning untuk meraih reputasi yang diharapkan memelihara interaksi sehingga terjalin ikatan hubungan yang kokoh, dan menerapkan pemasaran berbasis misi untuk mendongkrak nilai tambah di mata stakeholder.
4.      Memantapkan jalinan hubungan hubungan untuk membina loyalitas dan memperkuat ekuitas merek ( produk dan korporat ) terhadap stakeholder.

Buran Komunikasi Pemasaran
Bauran komunikasi pemasaran  meliputi :
1.Advertising
2.Direct Marketing
3.Interactive/ internet marketing
4.Sales promotion
5.Publicity/ Public Relations
6.Personal selling



MENGUMPULKAN INFORMASI MELALAUI WAWANCARA



Wawancara adalah komunikasi yang terpusat pada suatu tugas diantara dua pihak. Dua peran dimainkan dalam sebuah wawancara – peran pewawancara dan orang yang di wawancarai. Sebuah wawancara dapat di pimpin oleh sutu atau lebih oleh pewawancara.

Langkah merencanakan wawancara
Ø  Tentukan tujuan wawancara dengan jelas.
Ø  Selesaikan pekerjaan rumah anda
Ø  Selesaikan sumber yang tepat
Ø  Buatlh janji
Ø  Rencanakan pertanyaan – pertanyaan
Ø  Buatlah kesan pertama yang positif
Ø  Rencanakan perekaman
Ø  Gunakan pengertian komunikasi
Ø  Menutup wawancara
Ø  Evaluasi pendekatan anda

Teknik Bertanya
Satu indikator utama keberhasilan seorang pewawancara adalah besarnya upaya yang di curahkan dalam pembuatan rencana daftar pertanyaan.
       Pertanyaan terbuka
       Pertanyaan tertutup
       Teknik terowongan
       Teknik corong

1.          Pertanyaan Terbuka
Pewawancara tidak tahu bagaimana orang yang di wawancarai itu akan menjawab. Pada umumnya, pertanyaan semacam itu luas dan tidak khusus.
2.          Pertanyaan Tertutup
Pertanyaan tertutup memberikan ruang gerak penyusunan jawaban yang relatif kecil kepada orang yang di wawancarai. Keuntungan penggunaan pertanyaan tertutup adalah efisien.
3.          Teknik Terowongan
Teknik terowongan seperti halnya pewawancara memebuat kuisioner / angket dan kemudian memeberikan kuisioner tersebut kepada orang – orang yang akan di wawancarai.
4.          Teknik Corong
Teknik corong menggunakan kombinasi pertanyaan terbuka dan tertutup. Teknik yang mengabungkan hal – hal terbaik dari dua jenis pertanyaan dengan cara memperkecil kerugian dari kedua jenis pertanyaan tersebut.

Pembuatan Daftar Pilihan
Pewawancara bebas memilih format yang sangat terencana, tidak terencana, dan cukup terencana. Untuk sebagian besar pewawancara dan wawancara pengumpulan informasi khususnya, pendekatan yang cukup terencana. Pendekatan ini tidak memeperbolehkan pewawancara menyimpang dari pertanyaan yang telah di rencanakan.

Penggalian Informasi
Penggalian informasi merupakan pertanyaan sekunder yang mempertahankan topik dan memfokuskan pertanyaan sebelumnya( pertanyaan primer), serta di rancang untuk memeperoleh rincian yang lebih baik daripada yang di harapkan pewawancara dari pertanyaan primer.

Pertanyaan Dengan Banyak Arti dan Pertanyaan Penuntun
Pada saat menegembangkan pertanyaan, harus menghindari beberapa masalah umum. Pertama, pertimbangkanlah pernyataan “ semua pertanyaan yang mengandung banyak arti adalah penuntun, tetapi tidak semua pertanyaan yang menuntun banyak artinya.” Bahasa dalam pertanyaan yang banyak artinya memberikan isyarat menegenai bagaimana pertanyaan – pertanyaan tersebut harus di jawab. Pertanyaan seperti itu tidak netral.
Kata pengantar pertanyaan yang menuntun menunjukan bagaimana orang yang diwawancarai dituntun untuk menjawab pertanyaan tersebut. Jadi pewawancara menuntun orang di wawancarai.
Kata kata yang digunakan bersifat netral. Pertanyaan netral lebih memungkinkan menghasilkan jawaban yang objektif.

Pelaksanaan Wawancara
Karena di lengkapi dengan dasar – dasar pengembangan berbagai pertanyaan yang cukup terencana melalui penggunaan teknik corong, para komunikator bisnis harus siap merencanakan wawancara.
Penyesuian diri merupakan hal penting agar suatu wawancara berhasil. Apabila orang yang di wawancarai tidak secara produktif menanggapi salah satu pertanyaan terbuka pada awal wawancara dan cemasa karena waktu yang terbatas,  anda harus menysuaikan diri. Satu metode untuk mengatasi situasi demikian adalah mengabaikan beberapa pertanyaan terbuka.






DIRECT MAKETING



                                                                        DIRECT MAKETING
Pengertian
Kotler dan Armstrong (2012) menyatakan pemasaran langsung berkenaan dengan penggunaan telepon, surat, faks, e-mail, internet, dan alat-alat lainya dalam rangka mengkomunikasikan secara langsung kepentinganya perusahaan kepada pelanggan secara lebih spesifik. Peter Bennet (2002) menyatakan bahwa direct marketing adalah keseluruhan aktifitas yang dilaksanakan dalam rangka mengefektifkan pertukaran barang dan jasa kepada target audience melalui penggunaan satu atau lebih media ( direct selling, direct mail, telemarketing, direct-sction advertising, catalogue selling, cable tv selling, dan lain-lain) yang bertujuan menghasilkan respons secara langsung dari pembeli potensial ataupun pelanggan, baik melalui telepon, surat, maupun kunjungan pribadi.
Direct marketing adalah salah satu metode pemasaran yang dilakukan melalui media interaktif sehingga pemasar dan konsumen dapat berkomunikasi secaralangsung dan hasilnya dapat langsung diukur pula.

Tujuan dan manfaat direct marketing
Cravens dan Piercy (2013) menyatakan tujuan pemasaran langsung adalah membuat kontak langsung dengan konsumen akhir melalui media alternatif ( misalnya komputer, telepon, surat, dan kios ). Selanjutnya, Kotler dan Armstrong (2012)  menyatakan banyak sekali manffat pemasaran langsung, baik manfaat bagi konsumen ( pelanggan ) diantaranya pelanggan dapat melakukan transaksi belanja di rumah. Belanja dari rumah dirasakan lebih menyenagkan, nyaman, dan bebas dari pertengkaran. Cara ini lebih menghemat banyak waktu dan memperkenalkan konsumen dengan pilihan barang dagangan yang lebih banyak. Konsumen juga dapat memesan barang untuk mereka sendiri ataupun untuk orang lain.
Berikut adalah manfaat direct marketing:

1. Bagi Penjual

·         Memungkinkan pengujian media pemasaran dan pesan alternatif untuk menemukan metode yang paling efektif dan hemat
·         Dapat membuat penawaran dan strategi yang sulit ditiru oleh pesaing
·         Kemudahan dalam mengukur tanggapan atas promosi dan mengetahui jenis promosi yang paling efektif
·         Pemasaran langsung bisa diatur agar menjangkau calon pembeli pada saat yang tepat
·         Dapat mengkhususkan dan menyesuaikan pesan sesuai kebutuhan kelompok sasaran

2. Bagi Konsumen Produk Eceran

·         Kegiatan belanja menjadi lebih mudah dan hemat waktu karena bisa dilakukan di rumah
·         Konsumen memiliki kebebasan dalam memilih barang sesuai dengan kebutuhan dan dapat melihat harga melalui katalog atau di website
·         Pelanggan dapat melakukan pembelian barang untuk diri sendiri ataupun untuk orang lain

3. Bagi Konsumen Produk Industri

·         Konsumen dapat mempelajari produk/ jasa yang ditawarkan dengan lebih seksama, sehingga akan lebih menghemat waktu karena tidak perlu bertemu dengan wiraniaga untuk penjelasan mengenai produk yang dijual

Media Direct Marketing
·         Direct mail
Sering disebut sebagai junk mail atau surat yang tidak kita harapkan kedatangannya. Banyak perusahaan menghindari direct mail di masa lalu karena beranggapan dapat memperburuk citra perusahaan, tapi jika digunakan dengan tepat, bisa sangat membantu penjualan. Contohnya saat Porsche mengirimi kalangan kelas atas direct mail untuk menginformasikan produknya dan berhasil. Kunci kesuksesan melakukan direct mail adalah membangun mailing list, atau daftar orang-orang tertentu yang merupakan target market perusahaan.

·         Catalog
Katalog cukup banyak digunakan oleh perusahaan dalam direct marketing, bahkan ada yang sepenuhnya tergantung pada katalog. Banyak perusahaan menggabungkan katalog dengan strategi promosi mereka.

·         Broadcast media
Media yang paling digandrungi para direct marketers adalah TV dan radio. Pada 1950, radio merupakan media yang sangat efektif, namun akhir-akhir ini, TV-lah yang lebih populer. Dalam industri broadcast, digabungkan direct-response advertsing dan support advertising. Dalam direct response advertising, ada produk yang ditawarkan sehingga ada pembelian. Sementara support advertising digunakan untuk men-support iklan jenis lain.

·         Infomercial
Adalah iklan komersial yang berdurasi lama , mencapai 30-60 menit. Bentuk acaranya seperti program TV biasa.

·         Tv advertorial
Advertorial digunakan untuk menunjukkan pada pemirsa tentang seluk-beluk produk dalam acara TV sepanjang beberapa menit.

·         Teleshopping
Penggunaan saluran telepon gratis dikombinasikan dengan kartu kredit membuat peningkatan yang cukup signifikan pada pembelanjaan melalui televisi. Banyak peralatan rumah tangga dipromosikan dan dijual dengan cara ini.

·         Print media
Koran dan majalah merupakan media yang sulit untuk digunakan sebagai alat direct marketing. Hal ini dikarenakan harganya cukup mahal sementara kemungkinan adanya respons dan keuntungannya lebih sedikit dari media lain. Akan tetapi, bukan berarti tidak digunakan sama sekali.

·         Telemarketing
Merupakan sales lewat telepon. Perkembangannya cukup pesat, karena itu berkembanglah audiotex atau telemedia. Tom Bosenhart mendefinisikannya sebagai “penggunaan telepon dan layanan informasi suara yang bertujuan untuk memasarkan, mengiklankan, mempromosikan, menghibur, dan menginformasikan (produk)”. Program telemdia bersifat interaktif. Problem dalam telemarketing adalah kemungkinan penipuan dan mengganggu orang lain.

·         Electronic teleshopping
Merupakan belanja online dan penerimaan layanan informasi melalui PC. Internet shopping adalah media direct response yang digunakan oleh direct marketing tradisional sekalipun.

Produk yang cocok di marketingkan melalui Direct Marketing
Robert (2008) menyatakan bahwa beberapa produk yang lebih cocok dijual dengan menggunakn direct marketing adalah produk sebagai berikut.
1.      Produk tidak tersedia di toko.
2.      Produk yang kaya cerita.
3.      Produk yang harganya dapat di naikkan.
4.      Produk yang menawarkan unsur – unsur kesenangan.
5.      Produk yng harus diisi uang atau perlu di mutahirkan.
6.      Produk yang berbeda dengan kompetitor.

Unsur Yang Menentukan Efektifitas Direct Marketing
Strategi dalam mengimplementasikan direct marketing tentu saja dipengaruhi oleh target pasar yang di tuju. Oleh karena itu, diperlukan kejelian pemasar untuk mempertimbangkan sejumlah aspek yang berenaan dengan hal –hal berikut.
1.      Faktor geografis
Lokasi sangat menentukan keberhasilan direct marketing, misalnya yang terkait dengan domisili, yang akan memudahkan pengonfigurasian kelas sosial dari konsumen.
2.      Faktor demografis
Faktor demografis yang meliputi usia, gender, satatus marital, besaran penghasilan, aset yang dimiliki, serta rasa merupakan faktor yang perlu di pertimbangkan dengan matang.
3.      Faktor psikografis
Segmentasi ini berkaitan dengan kodisi psikologis konsumen yang disesuaikan dengan kepribadian konsumen.


Selasa, 20 Maret 2018

Pasar dan Institusi Keuangan Part 2



Pasar dan Institusi Keuangan

TINJAUAN ATAS PROSES ALOKASI MODAL
Orang dan organisasi dengan dana berlebih menabung agar dapat mengakumulasikan dana yang akan digunakan pada masa depan. Mereka yang memiliki dana berlebih berharap mendapatkan pengembalian yang positif atas investasi mereka.

DALAM SUATU PEREKONOMIAN YANG BERFUNGSI DENGAN BAIK
Modal akan mengalir secara efisien dari mereka yang memasok modal hingga mereka yang membutuhkannya. Perpindahan modal ini dapat terjadi dalam tiga cara, yaitu sebagai berikut :
n  Perpindahan langsung uang dan efek,
n  Perpindahan melalui perbankan investasi,
n  Perpindahan melalui suatu perantara keuangan (financial intermediary)
Penjelasan
1.         Perpindahan langsung uang dan efek. Terjadi ketika suatu perusahaan menjual saham atau obligasinya langsung kepada penabung, tanpa melalui institusi keuangan apapun. Perusahaan mengirimkan efeknya kepada penabung yang selanjutnya akan memberikan uang yang dibutuhkan perusahaan.
2.          perpindahan melalui perbankan investasi.  Perusahaan menjual saham atau obligasinya kepada bank investasi, selanjutnya menjual efek yang sama kepada penabung. Efek perusahaan dan uang penabung hanya “melewati” bank investasi. Namun, bank investasi memang membeli dan memegang efek selama jangka waktu tertentu, sehingga bank akan menggambil risiko. Bank tersebut mungkin tidak dapat menjualnya kembali kepada penabung sebesar harga belinya. Karena transaksi ini melibatkan efek baru dan perusahaan menerima hasil penjualan, ini disebut transaksi pasar primer.
3.          Perpindahan melalui suatu perantara keuangan. Disini, perantara mendapatkan dana dari para penabung dari imbalan efek perantara itu sendiri. Perantara menggunakan uang ini untuk membeli dan menyimpan efek bisnis.

PASAR-PASAR KEUANGAN
·           Pasar Aset Fisik vs Pasar Aset Keuangan
Pasar aset fisik yang sering disebut dengan pasar aset “berwujud” atau “nyata” adalah pasar untuk produk-produk seperti gandum,mobil,computer,dan mesin-mesin. Sedangkan pasar aset keuangan berhubungan dengan saham,obligasi,wesel,dll.

·           Pasar Tunai vs Pasar Berjangka
Pasar tunai (sport market) merupakan pasar dimana aset diperjualbelikan untuk pengiriman “on thespot” atau “saat itu”. Pasar berjangka (future markets) merupakan pasar dimana partisipannya melakukan persetujuan di hari ini untuk membeli atau menjual aset pada suatu tanggal di masa mendatang.

·           Pasar Uang vs Pasar Modal
Pasar uang (money market) merupakan pasar untuk efek utang jangka pendek yang sangat likuid. Pasar modal (capital market) merupakan pasar untuk utang jangka menengah dan jangka panjang serta saham perseroan.

·           Pasar Primer vs Sekunder
Pasar primer (primary market) adalah pasar dimana perseroan menghimpun modal baru . pasar sekunder (secondary market) merupakan pasar dimana efek yang telah ada dan beredar diperdagangkan di antara investor.

·           Pasar rivat vs Pasar Publik
Pasar privat (pasar tertutup) pasar dimana transaksinya dinegosiasikan secara langsung antara kedua belah pihak. Pasar publik (public market), dimana kontrak yang distandardisasi diperdagangkan melalui pertukaran yang terorganisasi.

KATEGORI INSTITUSI KEUANGAN
1.         Investasi Perbankan
2.         Perbankan Komersial
3.         Perusahaan Jasa Keuangan
4.         Asosiasi Simpan Pinjam  (saving and loan association)
5.         Bank Simpanan Bersama  (mutual saving banks)
6.         Serikat Kredit  (credit union)
7.         Dana Pension (pension funds)
8.         Perusahaan Asuransi Jiwa
9.         Reksa Dana (mutual funds)
10.      Hedge funds

Penjelasan Kategori Institusi Keuangan
1.         Investasi Perbankan = organisasi ini membantu perusahan merancang efek dengan fitur yang saat ini diminati oleh investor,membeli efek tersebut dari perusahaan,dan menjualnya kembali kepada penabung. Meskipun dijual dua kali,proses ini sebenarnya merupakan satu transaksi pasar primer dengan bankir investasi yang bertindak sebagai fasilitator yang akan membantu memindahkan modal dari penabung kepada kalangan usaha.
2.          Perbankan Komersial =  memberikan rentang layanan yang makin luas ,termasuk antara lain layanan pialang saham dan asuransi.
3.          Perusahaan Jasa Keuangan = merupakan konglomerasi besar yang menggabungkan beberapa institusi keuangan dalam satu perusahaan.
4.          Asosiasi Simpan Pinjam = biasanya melayani penabung individu serta peminjam hipotek residensial dan komersial, mengambil dana dari banyak penabung kecil,kemudian meminjamkan uang tersebut kepada pembeli rumah dan peminjam lainnya.
5.         5. Bank Simpan Bersama = bank ini terutama menerima tabungan dari perorangan ,dan kebanyakan memberikan pinjaman jangka panjang kepada pembeli rumah dan konsumen.
6.         6. Serikat Kredit = merupakan asosiasi koperasi yang para anggotanya memiliki kesamaan ikatan,seperti karyawan dalam perusahaan yang sama. Serikat kredit seringkali merupakan sumber dana termurah yang tersedia bagi peminjam perorangan.
7.         7. Dana Pensiun = merupakan program purnakarya yang didanai oleh perusahaan atau badan pemerintah bagi karyawannya dan dikelola terutama oleh departemen perwalian (trust) dari bank komersial atau perusahaan asuransi jiwa. Dana pensiun menempatkan investasinya, terutama pada obligasi ,saham,hipotek,dan real estat.
8.         8. Perusahaan Asuransi Jiwa = menerima simpanan dalam bentuk premi tahunan, menginvestasikan dana ini pada saham,obligasi,real estat,dan hipotek, lalu melakukan pembayaran kepada ahli waris pihak yang diasuransikan.
9.         9. Reksa Dana (Mutual Funds) = merupakan perusahaan yang menerima uang dari penabung dan menggunakannya untuk membeli saham,obligasi jangja panjang,atau instrumen utang jangka pendek yang diterbitkan oleh kalangan usaha atau unit pemerintah.
10.      Hedge Funds = mirip dengan reksa dana karena mereka menerima uang dari penabung,kemudian menggunakan dana itu untuk membeli berbagai efek,tetapi dengan beberapa perbedaan penting.  Hedge funds umumnya membebankan biaya komisi yang besar. Sering kali dalam jumlah tetap tertentu ditambah hingga 15 hingga 20 persen keuntungan modal dana tersebut.

BURSA SAHAM
Pasar sekunder yang paling aktif dan paling penting artinya bagi manajer keuangan adalah bursa saham, dimana harga-harga saham dari berbagai perusahaan ditentukan.
Ada dua jenis bursa saham, yaitu :
n  Bursa saham dengan Lokasi Fisik (physical location exchanges)
n  Pasar Luar Bursa dan Bursa Saham Nasdaq
n  Bursa Saham dengan Lokasi Fisik
          merupakan suatu entitas fisik yang berwujud. Setiap bursa besar menempati bangunannya sendiri, memiliki anggota dengan jumlah yang terbatas,dan dengan badan pengawas yang dipilih sendiri, yaitu dewan gubernur. Para anggotanya dikatakan memiliki “ kursi  “ di bursa meskipun pada kenyataannya semua orang berdiri. Kursi-kursi ini yang juga diperjualbelikan,memberikan hak kepada pemiliknya untuk melakukan perdangan dalam bursa. Sebagian besar perbankan investasi besar  mengoperasikan departemen pialang, dimana bagian ini memiliki kursi di bursa dan menunjuk satu atau lebih pejabatnya sebagai anggota.
          seperti pasar-pasar lainnya, bursa efek juga memfasilitasi komunikasi antara pembeli dan penjual. Pialang-pialang dari daerah lain juga berkomunikasi dengan anggotanya. Anggota bursa dengan perintah jual (sell orders) menawarkan saham yang dijual , dan saham tersebut akan ditawar oleh anggota dengan perintah beli (buy orders). Jadi, bursa akan beroperasi sebagai suatu pasar lelang (auction markets) .
Pasar Luar Bursa dan Bursa Saham Nasdaq
Jika saham kebanyakan perusahaan besar diperdagangkan di NYSE, saham dalam jumlah yang lebih besar lagi diperdagangkan diluar bursa didalam apa yang selama ini dikenal sebagai pasar luar bursa (over-the counter-OTC). Penjelasan atas istilah ini akan membantu kita memahami darimana istilah ini berasal. Seperti yang telah dijelaskan  sebelumnya, bursa beroperasi sebagai pasar lelang – perintah jual dan beli datang dalam waktu yang kurang lebih bersamaan, dan anggota bursa akan mencocokan perintah-perintah tersebut. Jika satu saham tidak sering diperdagangkan, mungkin karena perusahaan tersebut masih baru atau masih merupakan perusahaan kecil, hanya akan sedikit perintah jual dan beli yang datang, dan mencocokan saham tersebut dalam waktu yang wajar akan sulit untuk dilakukan.
Sekarang, pasar-pasar seperti ini sering disebut sebagai dealer markets. Suatu dealer market meliputi seluruh fasilitas yang dibutuhkan untuk melakukan transaksi efek, tetapi pasar tersebut tidak terdapat di bursa dengan lokasi fisik. Fasilitas tersebut mencakup :
1.         Dealer dalam jumlah relatif sedikit yang memiliki persediaan dan dikatakan “menyediakan pasar bagi efek tersebut”.
2.         Ribuan pialang yang bertindak sebagai agen dalam mempertemukan dealer dengan investor.
3.         komputer,terminal,dan jaringan elektronik yang menyediakan hubungan komunikasi antara dealer dengan pialang.
4.         Pialang dan dealer yang berpartisipasi dalam pasar luar bursa merupakan anggota dari suatu badan swakelola yang dikenal sebagai National Assosiation of Securities Dealer (NASD), yang memberikan lisensi pada pialang dan mengawasi praktek-praktek perdagangan. Jaringan terkomputerisasi yang digunakan oleh NASD dikenal sebagai NASD Automated Quotation System (NASDAQ).
5.         Nasdaq awalnya hanya merupakan suatu sistem pengumuman harga saham, tetapi ia telah berkembang menjadi suatu pasar efek terorganisasi dengan persyaratan pencatatannya sendiri.














Pasar dan Institusi Keuangan




Pasar Saham Untuk Saham Biasa
·         Perusahaan yang dimiliki sendiri adalah perusahaan tertutup dan sahamnya termasuk saham tertutup
·         Perusahaan yang dimiliki oleh ribuan investor adalah perusahaan tebruka dan sahamnya termasuk saham terbuka
·         Beberapa perusahaan memikiki ukuran yang begitu kecil hingga saham biasa perusahaan tersebut tidak diperdagangkan secara aktif; saham tersebut hanya dimiliki oleh beberapa orang, biasanya para manajer perusahaan tersebut.
Jenis Transaksi Bursa Saham
·         Pasar Skunder
Perdagangan saham beredar dari perusahaan terbuka yang telah mapan;
·         Pasar Primer
Tambahan saham yang dijual oleh perusahaan terbuka yang telah mapan
·         Pasar IPO
Penawaran saham perdana oleh perusahaan tertutup

Pengembalian Pasar Modal
Apa pengaruh pengembalian pasar modal?
Jika menurut Eduardus Tandliin (2001), return merupakan salah satu faktor yang memotivasi investor berinteraksi dan juga merupakan imbalan atas keberanian investor dalam menanggung risiko atas investasi yang dilakukan. Return juga bisa diartikan suatu keuntungan yang diperoleh investor dari dana yang ditanamkan pada suatu investasi. Investor juga dapat mempengaruhi pasar modal tersebut yang juga berdampak pada perekonomian negara.

Pasar Modal dan Pengembalian
Pelaporan Pasar Modal
Sumber terbaik kutipan informasi harga saham adalah bagian usaha surat kabar harian, seperti the wall street journal. Namun, salah satu masalah dalam surat kabar adalah harga yang dilaporkan merupakan harga kemarin bukan merupakan harga yang terupdate.

Efisiensi Pasar Modal

Suatu teori yang disebut hipotesisi pasar efisien (efficient market hypothesis - EMH) menyatkan bahwa
(1) saham selalu dalam keadaan ekuilibrium
(2) investor yang terus “mengalahkan pasar” secara konsisten adalah hal yang mustahil

Tingkat Efisiensi Pasar
·         Efisiensi Bentuk Lemah
Semua informasi  di masa lalu (historis) akan tercermin dalam harga yang terbentuk sekarang. Sehingga  informasi historis ( seperti harga saham dan volume perdagangan di masa lalu) tidak bisa lagi digunakan untuk memprediksi perubahan harga di masa mendatang, karena sudah tercermin pada harga saat ini.
Akibatnya : investor tidak memprediksi nilai pasar saham di masa datang dengan menggunakan data historis, hanya menggunakan perkiraan dengan melihat kinerja suatu perusahaan.

·         Efisiensi Bentuk Semikuat
Pasar  efisien  dalam bentuk setengah kuat/semi strong (Tandelilin, 2001)  : Harga pasar disamping dipengaruhi oleh data pasar (harga saham dan volume perdagangan masa lalu) juga dipengaruhi semua informasi yg dipublikasikan (seperti : earning, deviden, pengumuman stock split, penerbitan saham baru, dan kesulitan keuangan yang dialami perusahaan)
Pada bentuk ini investor tidak dapat berharap mendapatkan return abnormal jika strategi perdagangan hanya didasari oleh informasi yang telah dipublikasikan

·         Efisiensi Bentuk Kuat
Semua informasi baik yang terpublikasi  atau tidak terpublikasi sudah tercermin dlm harga saat ini. Dalam bentuk ini tidak akan ada seorang investor pun yang memperoleh return abnormal.

Dampak Efisiensi Pasar
Efisiensi pasar bukan berarti seluruh saham selalu dihargai dengan tepat. Namun, seperti yang dinyatakan oleh hipotesisi pasar efisien, sulit mengidentifikasi dimuka saham-saham dalam setiap kategori. Untuk mengalahkan pasar, investor harus memiliki informasi diatas rata-rata, keahlian analitis diatas rata-rata, atau nasib baik diatas rata-rata.

Apakah Pasar Modal Efisien?
Selama 25 tahun teakhir telah dilakukan banyak studi empiris untuk menguji validitas ketiga bentuk efisiensi pasar. Sebagian besar studi tersebut menunjukkan bahwa pasar modal akan sangat efisien dalam bentuk lemah dan cukup efisien dalam bentuk semi kuat, paling tidak untuk saham yang nilainya lebih tinggi dan banyak terjual. Namun bukti-bukti juga menunjukkan bahwa bentum EMH yang kuat tidak terbukti karena mereka memiliki infomasi dari orang dalam (ilegal) untuk mendapat keuntungan abnormal.