Rabu, 25 April 2018

KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU (Integrated Marketing Comunication)



KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU (Integrated Marketing Comunication)

Kotler dan Keller (2012) menyatakan bahwa IMC merupakan konsep perncanaan komunikasi pemasaran yang mengakui nilai tambah suatu rencana yang komprehensif. American association of advertising agencies (AAAA) Menyatakan bahwa IMC merupakan konsep perencanaan komunikasi pemasaran yang menghargai pentingnya nilai tambah dari sebuah perencanaan yang komprehensif yang digunakan untuk mengevaluasi peran – peran strategis dari berbagai disiplin komunikasi, contohnya periklanan secara umum ( general advertising), tanggapan langsung ( direct respons), promosi penjualan ( sales promotion), dan kehumasan ( Public relations ), dan menggabungkan semua disiplin tersebut untuk menyajikan kejelasan,konsistensi, dan dampak komunikasi yang maksimal.
Integrated marketing comunication (IMC) merupakan salah satu strategi perusahaan untuk mengkomunikasikan produknya secara efektif kepada pelanggan. IMC merupakan proses lintas fungsi untuk menciptakan dan memelihara hubungan yang saling menguntungkan dengan pelanggan dan stakeholeder lainya. IMC bertujuan menciptakan brand relationship yang kuat dan bersifat jangka panjang melalui elemen komunikasi yang ada pada level menajemen pemasaran yang akhirnya akan menciptakan penjualan dan keuntungan bagi perusahaan.

Ciri-ciri utama Komunikasi Pemasaran Terpadu
1.Mempengaruhi perilaku
Tujuan KPT adalah untuk mempengaruhi perilaku khalayak sasarannya. Karena itu, komunikasi pemasaran tidak hanya digunakan untuk mempengaruhi kesadaran khalayak atas sebuah merek tapi juga mampu menggerakkan orang untuk bertindak.
2.Berawal dari pelanggan dan calon pelanggan
Dalam KPT, penggunaan strategi komunikasi pemasarannya didasarkan pada kebutuhan pelanggan dan calon pelanggan. Oleh karena itu, perlu adanya riset untuk mengetahui keinginan pasar sehingga mampu menyusun metode pemasaran yang tepat dan efektif.
3.Menggunakan satu atau segala cara untuk melakukan “kontak”
KPT menggunakan seluruh bentuk komunikasi yang dapat menghubungkan merek atau perusahaan dengan pelanggan atau calon pelanggan. Seluruh bentuk Komunikasi (misalnya iklan, PR, jaringan distribusi, sales promotion, atau direct marketing) merupakan alat penyampaian pesan yang potensial supaya terjadi kontak atau hubungan antara perusahaan dan pelanggan.
4.Berusaha Menciptakan Sinergi
Supaya perencanaan pemasaran dapat berjalan dengan baik diperlukan kesinambungan atau koordinasi antara semua elemen komunikasi (iklan, tempat pembelian, promosi penjualan, event, dan lain-lain). Hal ini bertujuan untuk mengahasilkan citra merek yang kuat sehingga mampu menggerakkan konsumen.
5.Menjalin hubungan
Komunikasi pemasaran yang sukses membutuhkan terjadinya hubungan antara merek dengan pelanggannya. Dengan adanya hubungan tersebut diharapkan mampu menjadi pengait antara merek dengan konsumen untuk membangkitkan loyalitas konsumen terhadap merek.

Tujuan Komunikasi Pemasaran
Komunikasi pemasaran meliputi tiga tujuan utama, yaitu : menyebarkan informasi ( komunikasi informatif ), mempegaruhi untuk melakukan pembelian atau menarik konsumen ( komunikasi persuasif ), dan menginatkan khalayak untuk melakukan pemebelian ulang ( komunikasi mengingatkan kembali ). Tujuan komunikasi pemasaran pada dasarnya adalah memberikan efek berikut :
1.      Efek kognitif, yaitu memebentuk kesadaran informasi tertentu dalam benak pelangan.
2.      Efek afektif, yaitu memberikan pengaruh untuk melakukan sesutu yang diharapkan adalah reaksi pembelian dari pelanggan.
3.      Efek konatif atau perilaku, yaitu membentuk pola khalayak menjadi perilaku selanjutnya. Perilaku yang di harapkan adalah pembelian ulang

Fokus Integrated Marketing Comunication (IMC)
Uyung Sulaksana (2005) menyatakan bahwa IMC mencangkup empat fokus utama, yaitu :
1.      Aspek filosofi, mulai dari visi yang dijabarkan menjadi misi hingga dirumuskan menjadi sasaran korporat yang menjadi pedoman semua fungsi dalam perusahaan.
2.      Menyagkut keterkaitan kerja antarfungsi yakni operasi sumber daya manusia, pemasaran, distribusi, dan penjualan.
3.      Menjaga keterpaduan dan integrasi berbagai funsi tersebut untuk mewujudkan tiga hal,yitu konsistensi positioning untuk meraih reputasi yang diharapkan memelihara interaksi sehingga terjalin ikatan hubungan yang kokoh, dan menerapkan pemasaran berbasis misi untuk mendongkrak nilai tambah di mata stakeholder.
4.      Memantapkan jalinan hubungan hubungan untuk membina loyalitas dan memperkuat ekuitas merek ( produk dan korporat ) terhadap stakeholder.

Buran Komunikasi Pemasaran
Bauran komunikasi pemasaran  meliputi :
1.Advertising
2.Direct Marketing
3.Interactive/ internet marketing
4.Sales promotion
5.Publicity/ Public Relations
6.Personal selling



0 komentar:

Posting Komentar