Rabu, 18 Oktober 2017

Karakteristik Barang dan Jasa



Majunya suatu usaha sangat berhubungan dengan manajemen bisnis, sedangkan laju pertumbuhan suatu perusahaan dipengaruhi oleh banyak hal seperti usaha pengembangan produk baru, konsep penjualan (sales concept) dan konsep pemasaran (marketing concept), oleh karena itu dalam kegiatan sales concept dan marketing concept tidak terlepas dari kegiatan promosi (sales promotion) dan kegiatan display, sales promotion merupakan hal untuk mempromosikan barang secara langsung agar menarik minat calon pembeli terhadap produk yang dipromosikan.

Komunikasi peritel dengan pelanggannya tidak selalu menggunakan media massa seperti dengan suara di radio, dengan tulisan dan gambar seperti di majalah dan koran, ataupun dengan media suara dan gambar seperti di televisi. Komunikasi dapat terjadi melalui gambaran visual, lay out maupun display produk di dalam toko. Komunikasi visual adalah komunikasi perusahaan ritel atau toko dengan konsumennya melalui wujud fisik, seperti identitas toko, lay out dan display maupun in-store communication. Dalam hal ini display merupakan suatu peragaan untuk mempengaruhi konsumen melalui demontrasi pemajangan barang sehingga memperoleh kesan tersendiri bagi konsumen (semi personal). Salah satu penentu keberhasilan dalam bisnis ritel adalah cara mendisplay produk dengan benar. Sistem display berkaitan erat dengan jenis barang, ukuran, warna, rasa, kemasan, bentuk penataan, dan seterusnya.

Display (penataan produk) merupakan salah satu aktivitas terpenting dalam keseharian operasional pengelolaan sebuah toko output yang dihasilkan dari aktivitas yang satu ini berpengaruh langsung pada tingkat keberhasilan penjualan di dalam toko, terlebih bagi toko-toko ritel modern yang memiliki format layanan mandiri (swalayan) seperti mini market, supermarket maupun hypermarket. belakangan, display yang dilakukan oleh para peritel modern berkembang semakin inovatif, terutama sejak semakin banyaknya peritel yang memahami konsep dan pemanfaatan alat bantu display (visual merchandising) yang kini semakin populer. bentuk arsitektur sebuah toko menunjukkan status sosial, budaya dan perubahan dari ekonomi setempat. dahulu, bentuk ritel berupa toko-toko milik suatu keluarga yang berdiri sendiri. Kini berubah menjadi toko-toko di dalam satu arcade atau suatu mall di mana arcade, promenade, gallery, sebagai satu area terlindung dengan suasana menyenangkan. Konsep ini menjadi gambaran makin besarnya kebutuhan ruang wisata belanja.

Marc Gobe, penulis buku pemasaran dalam salah satu buku terlarisnya, Emotional Branding mengungkapkan munculnya kecenderungan perdagangan eceran (retail) yang mampu menjadi sebuah kekuatan promosi. Mengalahkan kekuatan dari media periklanan sendiri. Retailing has become advertising. Hal ini diperoleh lewat kekuatan ritel-ritel yang tak semata karena menawarkan harga produk yang murah. Melainkan lebih karena kecerdikan retailer menciptakan kesan nyaman kepada konsumen saat menghadapi produk dalam sebuah pusat perbelanjaan.

Penataan produk adalah suatu cara pengaturan barang dagangan yang diterapkan perusahaan dengan semenarik mungkin untuk memikat pelanggan. Untuk dapat memvisualisasikan penataan produk yang menarik perlu perencanaan yang optimal. Selain itu, untuk memperoleh hasil yang baik memerlukan desainer penataan produk yang profesional, sumber daya manusia yang menguasai tetang display, memahami jenis produk, mutu, dan spesfikasi barang yang akan ditata, megetahui segmentasi pasar yang akan dijadikan sasaran, serta kode etik dalam penjualan.

a.      Pengertian Penataan Produk/Penataan Barang Dagangan.


Menata produk dikenal dengan banyak istilah diantaranya yaitu : display, visual merchandising, merchandise presentation dan lain sebagainya. Sedangkan pengertian display dapat dilihat sebagai berikut:
               Ngadiman (2008 : 329) menyatakan bahwa Display: tata letak barang dengan memperhatikan unsur pengelompokan jenis dan kegunaan barang, kerapihan dan keindahan agar terkesan menarik dan mengarahkan konsumen untuk melihat, mendorong, dan memutuskan untuk membeli.
               Kegiatan menata / menyusun barang dagangan dengan menggunakan media / alat (Fixture) dan kaidah – kaidah tertentu, agar barang dagangan dapat di komunikasikan / di informasikan dengan jelas dan menarik kepada konsumen
               Suatu cara penataan produk terutama produk barang yang diterapkan oleh perusahaan tertentu dengan tujuan untuk menarik minat konsumen.
               William J.Shultz, menyatakan “Display consist of simulating customers attention and interest in a product or a store, and desire to buy the product or patronize the store, through direct visual appeal”. Display adalah suatu cara mendorong perhatian dan minat konsumen pada toko atau barang dan mendorong keinginan membeli melalui daya tarik penglihatan langsung (direct visual appeal ). Salah satu cara memikat pelanggan adalah dengan cara membiarkan calon pembeli untuk melihat, meraba, memegang, mencicipi, mengendarai, mencoba dan sebagainya agar dia mengetahui fungsi barang tersebut.
               Menurut Buchari Alma (2004:189) adalah sebagai berikut “ Display ialah keinginan membeli sesuatu yang tidak didorong oleh seseorang, tapi didorong oleh penglihatan ataupun oleh perasaan lainnya.”
Pelaksanaan display yang baik adalah salah satu kunci keberhasilan dalam self sevice, hal ini dapat dilihat di setiap para penjual, baik penjual asongan, warung kecil, toko, bahkan mega mall. Adapun tujuan pendisplay adalah sebagai berikut:
               Antetion dan interest customer, yaitu untuk menarik perhatian para pembeli dengan cara menggunaka lampu warna warni, pernak pernik, cat dinding yang bervariasi warnanya bila perlu diberikan hiasan, plang toko yang besar dan sebagainya.
               Desiser dan action customer, yaitu untuk menimbulkan keinginan-keinginan Calon pembeli sehingga tertarik untuk memiliki barang yang di pamerkan/pajang,dengan cara menghias tempat barang dagang, memberikan label harga yang besar bila discon, bahkan menghias barang daganga dengan hiasan yang menarik dan melengkapinya dengan pelengkap lainnya dan sebagainya.

               Penataan Produk (Display) dapat dibagi dalam beberapa bagian
Penataan produk (display) dapat dapat dibagi dalam beberapa bagian diantaranya adalah sebagai berikut :
  Window Display

Window display adalah pemajangan barang dagangan di etalase atau jendela kegiatan usaha atau mmajangkan barang-barang, gambar-gambar kartu harga, simbol-simbol, dan sebagainya dibagian depan toko yang disebut etalase.

Window display adalah untuk menarik minat konsumen sekaligus menjaga keamanan barang dagangan.window display hanya memperlihatkan barang dagangan yang ditawarkan saja, tanpa dapat disentuh oleh konsumen, sehingga pengamanan menjadi lebih mudah. Bila konsumen ingin mengetahui lebih lanjut, maka ia dipersilahkan untuk masuk lebih memperjelas pengamatannya.

Tujuan display

          Untuk menarik perhatian pelanggan

          Menemancing minat pelanggan

          Untuk menimbulkan impulse buying (dorongan seketika untuk membeli)

          Menimbulkan daya tarik

          Menyatakan berkualitas dengan harga terjangkau
                       
          Interior Display

Yaitu memajangkan barang-barang dagangan, gambar-gambar, kartu harga, simbol-sibol, boneka, yang unik, menarik, lucu, antik yang dipajang di dalam etalase, gondola, meja, rak di dalam toko. Barang-barang yang dipajang dengan interior display adalah barang-barang yang sudah dikenal luas oleh masyarakat. Interior display terbagi atas beberapa bagian yatiu:

Open display, yaitu barang dipajang pada tempat terbuka sehingga pembeli mudah untuk melihat dan mengamati, memilih barang dagangan tersebut tanpa bantuan petugas penjual (pramuniaga), misalnya self display, island display (barang-barang diletakkan diatas lantai dan ditata dengan baik sehingga menyerupai pulau-pulau).

Kebaikan dari open interior display antara lain;
·           Barang dagangan dapat dijual dengan cepat
·           Pemilik toko dengan mudah mengadakan perubahan susunan pajangan bilamana sewaktu waktu diperlukan.
·           Alat alat yang dipakai untuk memamerkan barang sederhana.
·           Barang yang dipajangkan biasanya :
·           Barang barang yang lama lakunya
·           Barang barang yang ingin cepat habis terjual
·           Barang barang yang dibeli atas dorongan kata hati

Closed display, yaitu barang dipajang di dalam lemari kaca, etalase kaca, atau sebagainya sehingga pembeli haya bisa melihat saja tampa memegang dan untuk memegang atau mencobanya harus dengan bantuan karyawan. Hal ini bertujuan untuk menjaga barang agar tidak kotor, lebih menarik, atau mungkin barangnya mahal dan menghindari dari pencurian.
          Architectural display, yaitu memperlihatkan barang-barang dalam penggunaannya, misalnya di ruang tamu, di kamar tidur, di dapur dengan perlengkapannya. Cara Architectural display ini dapat memperbesar daya tarik calon pembeli terhadap barang karena barang-barang dipertunjukkan secara realistis.

       Eksterior Display
Yaitu pemajangan barang dengan penataan di luar toko, misal pada saat obral atau promosi. Eksterior display diartikan pemajangan barang dagangan di tempat tertentu di luar kegiatan usaha yang biasa digunakan. Pemajangan sistem ini banyak digunakan untuk promosi barang, pengenalan produk baru, penjualan istimewa seperti cuci gudang, discount dan sejenisnya. Untuk pemasaran secara tetap pemajangan sistem ini kurang optimal karena kelemahan faktor pengamanan, cuaca, pengiriman barang dan sebagainya. Intinya, eksterior display hanya tepat dipergunakan untuk kondisi penjualan tertentu.
Fungsi dari eksterior display ini adalah:
·           Memperkenalkan peroduk baru, secar ekonomis dan cepat
·           Membantu produsen menyalurkan barang dengan cepat
·           Membantu mengkoordinasi advertising dan merchandising,
·           Menyebabkan adanya kontinuitas skema dan tema warna dari pembungkus dan
·           Membangun hubungan baik dengan masyarakat/konsumen, misalnya pada acara parade atau hari-hari nasional dan lain sebagainya

Selain itu perlu diperhatikan juga beberapa hal dalam display, yaitu:
Setore design dan decoration, yaitu tanda-tanda yang dapat mempermudah pelanggan dalam penyimpanan barang biasanya tanda-tanda ini di simpan di atas meja digantung di dalam toko dan digunakan pada moment-momet tertentu atau pada toko besar.
          Dealer display, penataan yang dilaksanakan dengan cara mholesaler, yang terdiri atas simbol-simbol dan petunjuk penggunaan yang tertera pada produk, sehingga memberi peringatan pada petugas penjaga agar jagan memberikan petunjuk diluar keteranggan yang tertera pada produk.
      
Solari Display
Solari display yaitu menempatkan barang dagangan di bagian Depaertement Store sebagai daya tarik bagi konsumen setelah masuk kedalam toko, misalnya pakaian yang digunakan oleh boneka model (menequin). Baik dengan open interior display, maupun dengan closed interior display, barang dagangan itu perlu diatur, ditata, disusun sedemikian rupa, agar para konsumen atau para pelanggan dapat tertarik dan berminat mau membelinya.

Banyak cara yang dilakukan para pengusaha untuk memikat, merangsang agar barang dagangannya banyak diminati, disenangi para konsumen dan para pelanggan. Salah satu cara untuk memajukan barang dagangannya, diantaranya dengan ikut serta menyelenggarakan pameran. Pameran (exhibition) adalah salah satu cara promosi barang dagangan dengan melalui pameran khusus.

Strategi Untuk Mengatasi Berbagai Ancaman Dalam Membangun Integrasi Nasional

INTEGRASI NASIONAL
                Integrasi nasional adalah usaha dan proses mempersatukan perbedaan perbedaan yang ada pada suatu negara sehingga terciptanya keserasian dan keselarasan secara nasional.

Faktor-faktor pendorong integrasi nasional sebagai berikut:
1. Faktor sejarah yang menimbulkan rasa senasib dan seperjuangan.
2. Keinginan untuk bersatu di kalangan bangsa Indonesia sebagaimana dinyatakan dalam Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928.
3. Rasa cinta tanah air di kalangan bangsa Indonesia, sebagaimana dibuktikan perjuangan merebut, menegakkan, dan mengisi kemerdekaan.
4. Rasa rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan Negara, sebagaimana dibuktikan oleh banyak pahlawan bangsa yang gugur di medan perjuangan.
5. Kesepakatan atau konsensus nasional dalam perwujudan Proklamasi Kemerdekaan, Pancasila dan UUD 1945, bendera Merah Putih, lagu kebangsaan Indonesia Raya, bahasa kesatuan bahasa Indonesia.

Faktor-faktor penghambat integrasi nasional sebagai berikut:

1. Masyarakat Indonesia yang heterogen (beraneka ragam) dalam faktor-faktor kesukubangsaan dengan masing-masing kebudayaan daerahnya, bahasa daerah, agama yang dianut, ras dan sebagainya.
2. Wilayah negara yang begitu luas, terdiri atas ribuan kepulauan yang dikelilingi oleh lautan luas.
3. Besarnya kemungkinan ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang merongrong keutuhan, kesatuan dan persatuan bangsa, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri.
4. Masih besarnya ketimpangan dan ketidakmerataan pembangunan dan hasil-hasil pembangunan menimbulkan berbagai rasa tidak puas dan keputusasaan di masalah SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar-golongan), gerakan separatisme dan kedaerahan, demonstrasi dan unjuk rasa.
5. Adanya paham “etnosentrisme” di antara beberapa suku bangsa yang menonjolkan kelebihan-kelebihan budayanya dan menganggap rendah budaya suku bangsa lain.
Strategi menghadapi ancaman militer dan non militer

#Strategi menghadapi ancaman Militer :

1. Strategi Penangkalan.
Pembangunan kekuatan.
Pengembangan kemampuan.
Penggelaran kekuatan.

2. Strategi Penindakan.
a. Menghancurkan musuh diwilayahnya.
b. Menghancurkan musuh sbelum masuk ZEEI.
c. Menghancurkan musuh saat masuk ZEEI.
d. Menghancurkan musuh di wil NKRI.
e. Perang berlarut.
3. Strategi Pemulihan.
a. Pembinaan.
b. Rekonstruksi.
c. Rehabilitasi.

Pertahanan militer
Pertahanan militer merupakan kekuatan utama pertahanan negara yang dibangun dan dipersiapkan untuk menghadapi ancaman militer, tersusun dalam komponen utama serta komponen cadangan dan komponen pendukung. Pendayagunaan lapis pertahanan militer diwujudkan dalam penyelenggaraan operasi militer, baik dalam bentuk Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Tujuan
Pertahanan militer sebagai kekuatan bersenjata ditampilkan melalui SDM dan dibangun serta dikembangkan secara profesional untuk mencapai tingkat kekuatan sampai pada standar penangkalan. Namun, pembangunan kekuatan pertahanan negara harus dipersiapkan untuk menghadapi setiap ancaman militer yang sewaktu-waktu dapat timbul.
Upaya penangkalan tidak bersifat pasif, tetapi dikembangkan dalam suatu strategi penangkalan yang memiliki sifat dinamis, melalui kesiapsiagaan kekuatan pertahanan untuk menghadapi kondisi terburuk, yakni menghadapi ancaman aktual dalam bentuk perang atau bentuk ancaman militer lainnya.
Dalam konteks “menghadapi ancaman militer”, kekuatan pertahanan yang dimiliki didayagunakan untuk mengatasi situasi negara yang terancam oleh suatu serangan militer dari negara lain, atau sedang diperhadapkan dengan adanya jenis ancaman yang akan mengganggu kepentingan nasional.

Strategi pertahanan
 Strategi pertahanan dalam menghadapi ancaman militer disesuaikan dengan jenis ancaman dan besarnya risiko yang dihadapi.

strategi pertahanan untuk menghadapi ancaman militer berupa agresi militer berbeda dengan strategi pertahanan dalam menghadapi ancaman yang jenisnya bukan agresi militer. Agresi militer mengancam totalitas eksistensi bangsa dan negara sehingga harus dihadapi dengan strategi pertahanan dalam kerangka operasi militer perang dengan pengerahan segenap kekuatan nasional. Sebaliknya, ancaman militer yang lain tidak selalu harus dihadapi dengan OMP.

Ancaman militer yang jenisnya bukan agresi militer dihadapi dengan kekuatan pertahanan yang besarnya terbatas dan proporsional dengan besarnya ancaman yang dihadapi serta dengan pola OMSP. Penerapan strategi pertahanan berlapis berlaku untuk konteks menghadapi jenis ancaman militer agresi militer dan ancaman militer yang bukan agresi.
Apabila ancaman aktual berupa ancaman militer yang karakteristiknya memerlukan penanganan melalui OMP, lapis pertahanan militer didayagunakan sebagai inti kekuatan. Dalam hal ini lapis pertahanan militer yang berintikan komponen utama, dan didukung oleh komponen cadangan dan komponen pendukung, di samping disokong oleh lapis pertahanan nirmiliter yang melaksanakan fungsi-fungsi diplomasi serta upaya-upaya lain dalam bentuk perlawanan tidak bersenjata.

#Pertahanan nonmiliter

Pertahanan nonmiliter disebut juga dengan pertahanan nirmiliter merupakan kekuatan pertahanan negara yang dibangun dalam kerangka pembangunan nasional untuk mencapai kesejahteraan nasional dan dipersiapkan untuk menghadapi ancaman nirmiliter. Lapis pertahanan nirmiliter tersusun dalam fungsi keamanan untuk keselamatan umum yang mencakup penanganan bencana alam dan operasi kemanusiaan lainnya, sosial budaya, ekonomi, psikologi pertahanan, yang pada intinya dengan pemikiran kesadaran bela negara, dan pengembangan teknologi
Inti pertahanan nirmiliter adalah pertahanan secara nonfisik yang tidak menggunakan senjata seperti yang dilakukan oleh Lapis pertahanan militer, tetapi pemberdayaan faktorberkaitan
-faktor ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan teknologi melalui profesi, pengetahuan dan 
keahlian, serta kecerdasan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan.

Tujuan

Pertahanan non militer merupakan kekuatan yang dalam kerangka penangkalan dibangun dan dikembangkan untuk mencapai standar ketahanan nasional di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, psikologi, dan teknologi.
Ancaman non militer memiliki dimensi penanganan yang berbeda dengan pendekatan penanganan ancaman militer.
Dalam menghadapi kondisi negara menghadapi ancaman aktual berupa ancaman nirmiliter, sistem pertahanan negara disusun dalam lapis pertahanan nirmiliter sebagai unsur utama untuk mengambil langkah-langkah penanganan dengan pendekatan nirmiliter dengan memberdayakan instrumen
ideologi, politik, ekonomi, psikologi, sosial budaya, informasi dan teknologi, serta hukum dan HAM. Inti pertahanan nirmiliter adalah pertahanan secara nonfisik yang tidak menggunakan senjata seperti yang dilakukan oleh Lapis pertahanan militer, tetapi pemberdayaan faktor-faktor ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan teknologi melalui profesi, pengetahuan dan keahlian, serta kecerdasan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan.
Pertahanan non militer diwujudkan dalam peran dan lingkup fungsi kementerian/lembaga pemerintah nondepartemen (LPND) di luar bidang pertahanan melalui penyelenggaraan pembangunan nasional sesuai dengan bidangnya masing-masing. Dalam kerangka pertahanan berlapis, lapis
pertahanan militer menyokong lapis pertahanan nirmiliter, yang pelaksanaannya disesuaikan dengan isu atau ancaman militer guna mencapai hasil yang maksimal.
Strategi menghadapi ancaman Nonmiliter :

1. Strategi Penangkalan.
a. Pembangunan kekuatan.
b. Pengembangan kemampuan.
c. penggelaran kekuatan.

2. Strategi Penindakan.
a. Operasi Intelijen.
b. Operasi Tempur.
c. Operasi Teritorial.


3. Strategi Pemulihan.
a. Pembinaan.
b. Rekonstruksi.
c. Rehabilitasi

Mewaspadai Ancaman Terhadap Integrasi Nasional

Integrasi Nasional mempunyai dua pengertian dasar yakni Integrasi dan Nasional. Integrasi berasal dari kata latin yakni integrate yang berarti memberi tempat dalam suatu keseluruhan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia , Integrasi berarti pembauran hingga kesatuan yang bulat dan utuh, Sedangkan kata Nsional berasal dari kata nation (inggris) yang berarti bangsa.

Integrasi Nasional adalah usaha dan proses mempersatukan perbedaan perbedaan yang ada pada suatu negara sehingga terciptanya keserasian dan keselarasan secara nasional.
Adapun yang dimaksud dengan ancama n adalah setiap usaha dan kegiatan baik dari dalam maupun luar negeri yang membahayakan kedaulatan negara,keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa.

Ancaman terhadap integrasi bangsa meliputi ancama yang bersifat nonmiliter maupun militer. Ancaman nonmiliter ataunirmiliter memiliki karakteristik yang berbeda dengan ancaman militer, yaitu tidak bersifat  fisik serta bentuknya tidak terlihat seperti ancaman militer, karena ancaman ini berdimensi ideologi, politik, sosial budaya, informasi dan keselamatan umum.

Ancaman yang bersifat nonmiliter meliputi berbagai dimensi berikut :
v   Ancama berdimensi beridiologi
v  Ancaman berdimensi politik
v  Ancaman berdimensi ekonomi
v  Ancaman berdimensi sosial budaya
v  Ancaman berdimensi teknologi & informasi
v   Ancaman berdimensi keselamatan umum
Ancaman yang bersifat militer yaitu :
Ø   Ancaman agresi
Ø   Pelanggaran wilayah
Ø   Spionase
Ø   Sabotase
Ø   Aksi teror bersenjata
Ø   Pemberontakan bersenjata
Ø   Perang saudara
Selain ancaman militer dan nomiliter ada juga ancaman yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri.
  1. Ancaman dari dalam negeri
                Contoh ancaman dari dalam negeri yaitu :
       Perilaku yang melanggar norma hukum maupun norma agama
       Perselisihan antaretnis
       Peristiwa kerusuhan
       Separatisme(kegiatan untuk memisahkan diri dari NKRI)
b. Ancaman dari dalam negeri
       Bidang politik antara alain sebagai berikut :
      Ikut campurnya negara lain dalam masalah yang timbul di Indonesia
      Adanya tindakan yang dilakukan oleh negara lain untuk menguasai wilayah Indonesia
      Bidang ekonomi antara lain kekayaan alam Indonesia  yang dikuasai oleh negara lain secara tidak tanggung jawab sehingga menyengsarakan rakyat Indonesia
       Bidang sosial budaya antara lain masuknya budaya asing yang negatif dan tidak sesuai dengan kepribadian masyarakat Indonesia.
Demi terjaganya keutuhan Negara Republik Indnesia maka kita sebagai warna negara yang baik harus bersikap :
  1. Mengembangkan rasa bangga berbangga dan bertanah air Indonesia
  2. Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa yang ber Bhineka Tunggal Ika.
  3. Menempatkan persatuan, kesatuan, kepentingan, serta keselamatan bangsa    dan negara di atas kepentingan pribadi dan               golongan
  4. Meningkatkan kesadaran rakyat akan    pentingnya menjaga keutuhan wilayha negara
  5. Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara
  6. Menghindari segala bentuk adu domba yang menjurus kepada perpecahan bangsa.
Selain itu sikap yang perlu kita kembangkan sebagai generasi muda agar bisa menghormati suku bangsa antara lan :

  1. Menerima bahwa setiap suku bangsa memiliki kebudayaan daerah masing – masing
  2. Menghargai dan menghormati suku dan kebudayaan daerah orang lain
  3. Menyadari bahwa kebudayaan daerah merupakan akar kebudayaan nasional serta kebudayaan nasional sebagai puncak dari kebudayaan daerah
  4. Menyadari bahwa kebudayaan daerah dapat memperkaya kebudayaan nasional dan memperkuat kesatuan dan kesatuan bangsa     

Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara

Kasus Pelanggaran Hak Warga Negara
Pelanggaran terhadap hak asasi manusia sebetulnya terjadi karena pengabaian terhadap kawajiban asasi. Sebab antara hak dan kewajiban merupakan dua hal yang tak  terpisahkan. Bila ada hak pasti ada kewajiban.

Salah satu contoh kasus pelanggaran hak sebagai warga Negara
Penggusuran Rumah
       Penggusuran terhadap rumah warga selalu terjadi setiap tahun. Tata ruang kota selalu menjadi alasan bagi pemerintah untuk melakukan kebijakan yang merugikan bagi sebagian warga kota itu.Kebijakan pemerintah melakukan penggusuran ini dinilai sebagai bentuk pelanggaran Hak Warga Negara.

Mari menganilisa !!
Mengapa penggusuran rumah tersebut dapat terjadi?
 Jadi jika dilihat dari berbagai segi pandangan pasti banyak sekali faktor-faktor  atau  alasan-alasan yang mempengaruhi digusurnya rumah-rumah tersebut, yaitu:
     1. Dilihat dari segi pandangan pemerintah
Yakni adanya kebijakan pemerintah dimana penggusuran rumah ini adalah salah satu cara untuk menata tata ruang kota.
2. Dilihat dari segi masyarakat
Yakni, ketidaktertiban masyarakat itu sendiri dimana mereka tanpa ijin mendirikan bangunan yang jelas-jelas itu didirikan diatas tanah negara.
Hal ini terjadi karena mereka menganggap bahwa tanah itu milik famili mereka yang sudah lebih dulu tinggal menetap disitu.
Masalah penggusuran rumah bukan merupakan hal sepele bagi negara tercinta kita Indonesia. Melihat kondisi negara Indonesia saat ini pastilah sangat memprihatinkan.
Kenapa? Kondisi negara Indonesia ini sangat semrawut. Ditambah dengan kemacetan lalu lintas, pemerintah harus berputar otak mencari jalan keluar salah satunya dengan menggusur rumah-rumah yang tidak pada aturannya.

Masalah penggusuran rumah sebenarnya melanggar hak warga negara seperti yang tertulis dalam UUD 1945 pasal 28 H ayat (1) yang berbunyi “setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan.”
Jika kita amati pelanggaran tidak hanya dari pemerintah saja yang menggusur rumah rumah para penduduk, tetapi kesadaran dari para warga negara juga patut kita pertanyakan.
Misalnya para penduduk di bantaran kali ciliwung. Mereka merasa hak-haknya telah dilanggar karena rumah yang mereka dirikan di bantaran kali ciliwung di bongkar paksa oleh aparat karena diklaim menjadi penyebab banjir.
Ketika mereka diberi surat peringatan untuk pindah, mereka tidak menghiraukan. Dari situ kita bisa tahu bahwa kesadaran masyarakat masih rendah. Karena dengan adanya mereka,daerah tepi pinggiran kali menjadi lebih sempit sehingga air tidak bisa mengalir secara leluasa. Belum lagi sampah dapur yang biasanya langsung mereka buang di kali begitu saja dan tidak memperhatikan apa akibat yang timbul setelah mereka melakukan perbuatan tersebut.

Kasus Pengingkaran Kewajiban Warga Negara
Sama halnya seperti pelanggaran hak warga negara kita masih akan membahas tentang pengingkaran kewajiban di dalam kasus penggusuran rumah.
Dari segi masyarakat, bentuk pengingkaran kewajibannya adalah tidak mematuhi aturan-aturan pemerintah seperti semaunya mendirikan tempat tinggal di bantaran kali ciliwung. Karena dengan mendirikan tepat tinggal di daerah situ mereka bebas dari kewajibannya membayar pajak.
Kebanyakan dari mereka tidak ada yang megurus surat-surat yang menyangkut tentang pajak ataupun lainnya sehingga mereka dengan enak berlenggang ria tanpa memikirkan kewajibannya membayar pajak. Itu adalah salah satu contoh bentuk pengingkaran kewajiban warganegara yang sama sekali tidak bertanggung jawab dengan apa yang diperbuatnya.

Dari segi pemerintah, bentuk pengingkaran kewajibannya adalah tidak mengayomi, melindungi dan melayani masyarakat dalam urusan bertempat tinggal.
Namun pada dasarnya pemerintah tetap memikirkan kesejahteraan warga negaranya. Walaupun pemerintah telah menggusur tempat tinggal mereka, namun sebenarnya pemerintah juga sudah memberikan solusi misalnya dengan pembangunan rusun atau pemberian sejumlah uang sebagai ganti dari penggusuran rumah tersebut.
Dari pembahasan diatas, sebenarnya banyak ditemukan ketidaksinkronan antara pemerintah dengan warga negaranya. Andai saja masing-masing dari kedua belah pihak saling mengerti tanggung jawab masing-masing, saling mendukung, saling menjaga hubungan baik antara masyarakat dengan pemimpinnya pastilah kehidupan yang selaras dan sejahtera dapat tercapai.

Mari Berfikir!!
Setelah kita menganalisa salah satu contoh bentuk pelanggaran dan pengingkaran kewajiban warga negara yaitu dalam kasus penggusuran rumah lalu apa solusi yang dapat menyelesaikan masalah ini ? 
Memang tidak mudah untuk menyelesaikan masalah ini namun tidak ada salahnya untuk dicoba salah satunya yaitu :
      1)  Yang paling penting dan yang paling utama adalah kesadaran dari masing-masing pihak. Usahakan agar selalu bisa berinstropeksi diri.
2) Membangun rumah susun seperti yang diadakan dalam program kerja Jokowi untuk mengganti rumah-rumah penduduk yang di gusur.
3) Bersedia membayar pajak
4) Menjaga ketertiban dan mentaati peraturan pemerintahan
Diatas hanyalah satu dari sekian banyak contoh kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara. Untuk itu mari kita sama-sama berhenti untuk menambah daftar panjang kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara.

Kesimpulan
Sebenarnya untuk hidup aman, tentram, damai, sejahtera sangat-sangatlah mudah. Cukup dengan mentaati peraturan- peraturan yang ada. Melaksanakan apa yang menjadi kewajiban dan tanggung jawab kita secara otomatis hak kita dapat terpenuhi tanpa kurang dengan suatu apapun.
Dengan mengetahui berbagai kasus pelanggaran dan pengingkaran kewajiban warga negara kita bisa tahu bagaimana kita membawa sikap dalam kehidupan berbangsa dan bernegara agar tetap menjaga negara Indonesia menjadi negara yang utuh, adil dan makmur.


Karakteristik Budaya Politik Masyarakat Indonesia

Pengertian Budaya Politik

Budaya Politik adalah satu komponen dalam sistem politik, dan komponen tersebut adalah sistem poltik lainnya yaitu struktur politik.

Budaya Poltik dapat dipandang sebagai landasan sistem politik, yang memberi jiwa atau warna pada sistem politik, atau yang memberi arah pada peran-peran politik yang dilakukan oleh struktur politik.

Tipe-tipe Budaya Politik
Berdasarkan nilai, sikap, informasi, dan kecakapan politik yang dimiliki, orientasi warga negara terhadap kehidupan politik dan pemerintahan negaranya (budaya politiknya) dapat digolongkan ke dalam 3 (tiga) tipe, yaitu diuraikan sebagai berikut :

Menurut Almond & Verba, tipe budaya politik dibagi menjadi 3 jenis, yaitu

1.         Budaya politik parokial

        Umumnya terdapat pada masyarakat suku afrika atau masyarakat pedalaman di indonesia
        Tidak ada peran-peran politik yang bersifat khusus
        Bagi anggota masyarakat, peran-peran yang dipancarkan oleh pemimpinnya ini tidak dapat dipisahkan
        Frekuensi orientasi  terhadap empat dimensi penentu budaya politik mendekati nol (tidak memiliki perhatian sama sekali terhadap keempat dimensi tersebut)

2.         Budaya politik subjek
        Adanya frekuensi orientasi yang tinggi terhadap pengetahuan sistem politik secara umum dan objek output (terhadap pemahaman mengenai penguatan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah)
        Sudah ada pengetahuan yang memadai tentang sistem politik secara umum serta proses penguatan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah

3.         BUDAYA POLITIK PARTISIPAN
        bentuk budaya politik yang anggota masyarakatnya sudah  memiliki pemahaman yang baik mengenai empat dimensi penentu budaya politik
        memiliki pengetahuan yang memadai mengenai sistem politik secara umum
        masyarakat cenderung diarahkan pada peran pribadi yang aktif

Sementara itu, Machtar Masoed dan Colid MacAndrews pada tahun 1986:42 menyebutkan adanya tiga model kebudayaan politik berdasarkan proporsi ketiga tipe budaya politik sebagaimana disebutkan Almond dan Sidney Verba.
Dibawah ini adalah 3 (tiga) model mengenai budaya poltik, yaitu adalah sebagai berikut :
        Masyarakat demokratis industrial, yaitu dalam sistem ini jumlah partisipan mencapai 40-60% dari penduduk dewasa. Mereka sendiri atas para aktifitas politik dan para peminat politik yang kritis mendiskusikan masalah-masalah masyarakat dan pemerintahan. Selain itu, mereka adalah kelompok-kelompok pendesak yang mengusulkan kebijakan-kebijakan baru unutk melindungi kepentingan khusus mereka. Sementara itu, jumlah yang berbudaya politik subjek kurang lebih dari 60%, sedangkan parokial kira-kira antara 10%.
        Masyarakat dengan sistem Politik otoriter, yaitu didalam sistem ini sebagian besar rakyat hanya menjadi subjek yang pasif. Mereka mengakui pemerintah dan tunduk pada hukumnya, akan tetapi tidak melibatkan diri dalam urusan pemerintahan. Sebagian keicl rakyat dan lainnya berbudaya politik partisipan dan parokial. Kelompok partisipan berasal dari mahasiswa dan kaum intelektual, pengusaha, dan tuan tanah. Mereka menentang dan bahkan memprotes sistem politik yang ada. Sedangkan kaum parokial yang sedikit sekali kontaknya terhadap sistem politik terdiri dari para petani dan buruh tani yang hidup dan bekerja di perkebunan-perkebunan.
        Sistem demokratis pra-industrial, yaitu sebagian besar warga negaranya menganut budaya politik parokial. Mereka hidup di pedesaan dan buta huruf. Pengetahuan dan keterlibatannya mereka dalam kehidupan politik sangat kecil. Sementara, kelompok partisipan sangat sedikit jumlahnya, biasanya berasal dari professional terpelajar, usahawan, dan tuan tanah. Demikian pula proporsi jumlah pendukung budaya politik sibjek juga relatif kecil.

Budaya politik yang berkembang di indonesia
        Gambaran sementara tentang budaya politik Indonesia, yang tentunya haruus di telaah dan di buktikan lebih lanjut, adalah pengamatan tentang variabel sebagai berikut :
        a)      Konfigurasi subkultur di Indonesia masih aneka ragam, walaupun tidak sekompleks yang dihadapi oleh India misalnya, yang menghadapi masalah perbedaan bahasa, agama, kelas, kasta yang semuanya relatif masih rawan/rentan.
        b)      Budaya politik Indonesia yang bersifat Parokial-kaula di satu pihak dan budaya politik partisipan di lain pihak, di satu segi masa masih ketinggalan dalam mempergunakan hak dan dalam memikul tanggung jawab politiknya yang mungkin di sebabkan oleh isolasi dari kebudayaan luar, pengaruh penjajahan, feodalisme, bapakisme, dan ikatan primordial.
        c)      Sikap ikatan primordial yang masih kuat berakar, yang di kenal melalui indikatornya berupa sentimen kedaerahan, kesukaan, keagamaan, perbedaan pendekatan terhadap keagamaan tertentu; purutanisme dan non puritanisme dan lain-lain.
        d)     kecendrungan budaya politik Indonesia yang masih mengukuhi sikap paternalisme dan sifat patrimonial; sebagai indikatornya dapat di sebutkan antara lain bapakisme, sikap asal bapak senang.

        e)      Dilema interaksi tentang introduksi modernisasi (dengan segala konsekuensinya) dengan pola-pola yang telah lama berakar sebagai tradisi dalam masyarakat

HAKIKAT KONSEP GEOPOLITIK

Pengertian Geopolitik

Kata geopolitik berasal dari kata geo dan politik. “Geo” berarti bumi dan “Politik” berasal dari bahasa Yunani politeia, berarti kesatuan masyarakat yang berdiri sendiri (negara) dan teia yang berarti urusan. Sementara dalam bahasa Inggris, politics adalah suatu rangkaian asas (prinsip), keadaan, cara, dan alat yang digunakan untuk mencapai cita-cita atau tujuan tertentu.

Dalam bahasa Indonesia, politik dalam arti politics mempunyai makna kepentingan umum warga negara suatu bangsa. Politik merupakan suatu rangkaian asas, prinsip, keadaan, jalan, cara, dan alat yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu yang kita kehendaki.
Secara umum geopolitik adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri, lingkungan, yang berwujud Negara kepulauan berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Geopolitik secara etimologi berasal dari kata geo (bahasa Yunani) yang berarti bumi yang menjadi wilayah hidup. Sedangkan politik dari kata polis yang berarti kesatuan masyarakat yang berdiri sendiri atau negara ; dan teia yang berarti urusan (politik) bermakna kepentingan umum warga negara suatu bangsa. Sebagai acuan bersama, geopolitik dimaknai sebagai ilmu penyelenggaraan negara yang setiap kebijakannya dikaitkan dengan masalah-masalah geografi wilayah atau tempat tinggal suatu bangsa. Frederich Ratzel mengenalkan istilah ilmu bumi politik (political geography), Rudolf Kjellen menyebut geographical politic dan disingkat geopolitik.

Konsep Geopolitik Indonesia
Geopolitik Indonesia tiada lain adalah Wawasan Nusantara :
Ø Wawasan Nusantara tidak mengandung unsur-unsur ekspansionisme maupun kekerasan
Ø Cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya berdasarkan ide nasionalnya yang dilandasi Pancasila dan UUD 1945, yang merupakan aspirasi bangsa Indonesia yang merdeka, berdaulat dan bermartabat serta menjiwai tata hidup dan tindak kebijaksanaannya dalam mencapai tujuan nasional.
Ø Wawasan nusantara juga sering dimaknai sebagai cara pandang, cara memahami, cara menghayati, cara bertindak, berfikir dan bertingkah laku bagi bangsa Indonesia sebagai hasil interaksi proses psikologis, sosiokultural dengan aspek-aspek ASTAGATRA

Komponen strategi asta gatra : 
A. TRI GATRA (tangible) bersifat kehidupan alamiah
§  Letak geografi Negara
§  Keadaan dan kekayaan alam (flora, fauna, dan mineral baik yang di atmosfer, muka maupun perut bumi) dikelola denga dasar 3 asas : asas maksimal, lestari, dan daya saing.
§  Keadaan dan kemampuan penduduk (jumlah, komposisi, dan distribusi)
§  Pancagatra
B. (itanggible) kehidupan sosial
Ø IDEOLOGI → Value system
Ø POLITIK → Penetapan alokasi nilai di sektor pemerintahan dan kehidupan pololitik masyarakat. sistem politik harus mampu memenuhi lima fungsi utama :


1.     Usaha mempertahankan pola, struktur, proses politik
2.     Pengaturan & penyelesaian pertentangan / konflik
3.     Penyesuaian dengan perubahan dalam masyarakat
4.     Pencapaian tujuan
5.     Usaha integrasi

Ø EKONOMI (Sumber Daya Alam, Tenaga kerja, Modal, Teknologi)
Ø SOSBUD (Tradisi, Pendidikan, Kepemimpinan nasional, Kepribadian nasional)
Ø HANKAM meliputi faktor- faktor :
1.     Doktrin
2.     Wawasan Nasional
3.     Sistem pertahanan keamanan
4.     Geografi
5.     Manusia
6.     Integrasi angkatan bersenjata dan rakyat
7.     Material
8.     Ilmu pengetahuan dan teknologi
9.     Kepemimpinan
10. Pengaruh luar negeri

Konsep Geopolitik Indonesia Bernama Wawasan Nusantara
v Pengertian Wawasan Nusantara :
Ø Pengertian Wawasan Nusantara berdasarkan Tap MPR Tahun 1993 dan 1998, Wawasan Nusantara merupakan wawasan nasional yang bersumber pada Pancasila dan berdasarkan UUD 1945 yaitu : cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam meyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Ø  Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Kelompok Kerja WawasanNusantara Untuk Diusulkan Menjadi Tap MPR Yang Dibuat Lemhanas

Unsur Wawasan Nusantara
v Konsepsi Wawasan Nusantara terdiri atas 3 unsur dasar :
• Wadah (Contour).Meliputi, wilayah Indonesia yang memiliki sifat serba nusantara dengan kekayaan alam dan penduduk serta aneka ragam budaya adalah bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. Setelah merdeka NKRI mempunyai organisasi kenegaraan yang merupakan wadah, bagi berbagai kegiatan kenegaraan dalam wujud SupraStruktur Politik dan berbagai kegiatan kemasyarakatan dalam wujud InfraStruktur Politik.
• Isi (Content).Isi adalah aspirasi bangsa yang berkembang di dalam masyarakat dan dicita-citakan, serta tujuan nasional yang terdapat dalam Pembukaan UUD 1945. Isi menyangkut 2 hal yang esensial – Realisasi aspirasi bangsa sebagai kesepakatan bersama dan perwujudannya dalam pencapaian cita-cita dan tujuan nasional.
– Persatuan dan kesatuan dalam kebinekaan yang meliputi semua aspek kehidupan nasional.
• Tata Laku (Conduct).Tata laku merupakan hasil interaksi antara wadah dan Isi yang terdiri atas:
ü – Tata Laku Batiniah, mencerminkan jiwa, semangat dan mentalitas yang baik dari bangsa Indonesia.
ü – Tata Laku Lahiriah, mencerminkan tindakan, perbuatan dan perilaku bangsa Indonesia. Kedua hal tersebut mencerminkan jatidiri dan kepribadian bangsa Indonesia yang berdasarkan kekeluargaan dan kebersamaan yang mempunyai rasa bangga dan cinta terhadap tanah air dan bangsa sehingga menimbulkan nasionalisme yang tinggi dalam semua aspek kehidupan nasional.
Hakikat Wawasan Nusantara
Hakikat Wawasan Nusantara adalah:
v Keutuhan Nusantara atau Nasional, dalam pengertian : Cara pandang yang utuh menyeluruh dalam lingkup nusantara dan demi kepentingan nasional. Ini berarti, setiap warga bangsa dan aparat negara, harus berfikir, bersikap dan bertindak secara utuh menyeluruh dalam lingkup dan demi kepentingan bangsa dan negara Indonesia.

Asas Wawasan Nusantara

v                 Asas Wawasan Nusantara adalah ketentuan ketentuan atau kaidah-kaidah dasar yang harus dipatuhi, ditaati, dipelihara dan diciptakan agar terwujud demi tetap taat dan setianya komponen atau unsur pembentuk bangsa (suku, bangsa, golongan dll) terhadap kesepakatan atau komitmen bersama. Jika asas Wawasan Nusantara diabaikan maka berarti cerai berainya bangsa dan negara Indonesia.Asas Wawasan Nusantara terdiri dari :
• Kepentingan yang sama.
• Keadilan.
• Kejujuran.
• Solidaritas.
• Kerjasama.

Tujuan Wawasan Nusantara 
Adalah mewujudkan nasionalisme yang tinggi di segala bidang dari rakyat Indonesia yang lebih mengutamakan kepentingan nasional dari pada kepentingan orang perorangan, kelompok, golongan, suku bangsa/daerah.