Social Media Marketing
Pengertian
Social Media Marketing
Social
media atau dalam bahasa indonesia di sebut media sosial adalah media yang di
desain untuk memudahkan interaksi sosial yang bersifat interaktif dan dua arah.
Media sosial yang yang berbasis pada teknologi internet mengubah pola
penyebaran informasi dari yang sebelumnya bersifat satu audiens.( Paramitha,
2011 )
Menurut
Gunelius (2011) menyatakan bahwa media sosial merupakan penerbitan online dari
alat – alat komunikasi, situs, dan tujuan dari web 2.0 yang berakar pada
percakapan, keteribatan, dan partisipasi.
Kaplan dan Haenlein (2010 )
mengambarkan media sosial sebagai sekelompok media dalam internet bebasis
aplikasi yang membangun fondasi ideologi dan teknologi web 2.0. teknologi web
2.0 memungkinkan dua arah percakapan antara produsen dan konsumen secara
interaktif.
Jajaring
Sosial
Situs
jejaring sosial atau social networking site ( SNS ) merupakan situs berbasis
pelayanan yang memungkinkan penggunaannya untuk membuat profil, melihat daftar
pengguna yang tersedia, serta mengundang atau menerima teman untuk bergabung
dalam situs tersebut. Setiap situs jajaring sosial memiliki daya tarik yang
berbeda. Akan tetapi, pada dasarnya tujuannya sama, yaitu berkomunikasi dengan
mudah dan lebih menarik karena di tambah fitur – fitur yang memanjakan
penggunanya.
Tujuan
Social Media Marketing
Gunelius
(2011) meyatakan bahwa tujuan paling umum pemasaran media sosial yaitu :
1.
Membangun
hubungan, manfaat utama dari pemasaran media sosial adalah kemampuan untuk
membangun hubungan dengan konsumen secara aktif.
2.
Membangun
merek, melalui meda sosial di sajikan cara sempurna untuk meningkatkan brand
awareness,meningkatkan pengenalan dan ingatkan tentang merek, dan meningkatkan
loyalitas merek.
3.
Publisitas,
melalui media sosial dengan cara menyediakan outlet sehinggan perusahaan dapat
berbagai informasi penting dan memodifikasi persepsi negatif.
4.
Promosi,melalui
pemasaran media sosial, memberikan diskon eksklusif dan peluang untuk audiens
untuk membuat orang – orang merasa di hargai dan khusus, serta untuk memenuhi
tujuan jangka pendek.
5.
Riset
pasar, menggunakan alat – alat dari social web untuk belajar tentang pelanggan,
membuat profil demografi dari perilaku pelanggan, baelajar tentang keinginan
dan kebutuhan konsumen, serta belajar tentang pesaing.
0 komentar:
Posting Komentar