Selasa, 05 Juni 2018

Social Media Marketing


Social Media Marketing

Pengertian Social Media Marketing
     Social media atau dalam bahasa indonesia di sebut media sosial adalah media yang di desain untuk memudahkan interaksi sosial yang bersifat interaktif dan dua arah. Media sosial yang yang berbasis pada teknologi internet mengubah pola penyebaran informasi dari yang sebelumnya bersifat satu audiens.( Paramitha, 2011 )
     Menurut Gunelius (2011) menyatakan bahwa media sosial merupakan penerbitan online dari alat – alat komunikasi, situs, dan tujuan dari web 2.0 yang berakar pada percakapan, keteribatan, dan partisipasi.
Kaplan dan Haenlein (2010 ) mengambarkan media sosial sebagai sekelompok media dalam internet bebasis aplikasi yang membangun fondasi ideologi dan teknologi web 2.0. teknologi web 2.0 memungkinkan dua arah percakapan antara produsen dan konsumen secara interaktif.

Jajaring Sosial
     Situs jejaring sosial atau social networking site ( SNS ) merupakan situs berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunaannya untuk membuat profil, melihat daftar pengguna yang tersedia, serta mengundang atau menerima teman untuk bergabung dalam situs tersebut. Setiap situs jajaring sosial memiliki daya tarik yang berbeda. Akan tetapi, pada dasarnya tujuannya sama, yaitu berkomunikasi dengan mudah dan lebih menarik karena di tambah fitur – fitur yang memanjakan penggunanya.

Tujuan Social Media Marketing
     Gunelius (2011) meyatakan bahwa tujuan paling umum pemasaran media sosial yaitu :
1.      Membangun hubungan, manfaat utama dari pemasaran media sosial adalah kemampuan untuk membangun hubungan dengan konsumen secara aktif.
2.      Membangun merek, melalui meda sosial di sajikan cara sempurna untuk meningkatkan brand awareness,meningkatkan pengenalan dan ingatkan tentang merek, dan meningkatkan loyalitas merek.
3.      Publisitas, melalui media sosial dengan cara menyediakan outlet sehinggan perusahaan dapat berbagai informasi penting dan memodifikasi persepsi negatif.
4.      Promosi,melalui pemasaran media sosial, memberikan diskon eksklusif dan peluang untuk audiens untuk membuat orang – orang merasa di hargai dan khusus, serta untuk memenuhi tujuan jangka pendek.
5.      Riset pasar, menggunakan alat – alat dari social web untuk belajar tentang pelanggan, membuat profil demografi dari perilaku pelanggan, baelajar tentang keinginan dan kebutuhan konsumen, serta belajar tentang pesaing.


0 komentar:

Posting Komentar