Relationship Marketing
Pengertian Menurut Para Ahli
Kotler dan
keller (2013) menyatakan bahawa Relationship marketing adalah proses untuk
mencipatkanya, mempertahankan, dan meningkatkan hubungan yang kuat dengan para
pelanggan stakeholders lainnya.
Velnampy dan
Sivesan (2012) menyatakan bahwa relationship marketing marupakan salah satu
strategi pemasaran kontenporer untuk semua perusahaan demi memenuhi kebutuhan
dan keinginan pelanggan. Dilihat dari sudut pandang pelanggan faktor –faktor
penting yang digunakan untuk memenuhi kepercayaan, komitment, mutualitas, dan
hubungan janka panjang dengan pelanggan.
Chan (2003)
menyatakan bahwa relationship marketing adalah pengenalan stiap pelaggan secara
lebih detail dengan menciptakan hubungan dua arah dengan mengelola suatu
hubungan yang menguntungkan antara pelanggan dan badan usaha sehingga badan
usaha selalu memilik kerangka berpikir dalam jangka panjang..
Zeithmal dkk.
(2006) menyatakan bahwa tujuan utama dari relationship marketing adalah
membangun dan mempertahankan pelanggan yang berkomitment menguntungkan
perusahaan dan pada waktu yang sama meminimumkan waktudan usaha yang
dikeluarakan untuk pelanggan yang kurang menguntungkan.
Konsep Inti Relationship Marketing
Relationship
marketing memiliki sejumlah konsep inti.
Konsep inti tersebut menurut Lupiyoadi (2006) berkaitan dengan hal – hal
berikut.
1.
Horizon orientasi jangka panjang
Konsep ini merupakan ciri utama
relationship marketing. Keberhasilan relationship marketing diukur dari
seberapa lama pelanggan terjaga dalam hubungan dengan perusahaan. Dengan
demikian, relationship marketing juga berkaitan dengan nilai estimasi mengenai
nilai sepanjang hidup konsumen.
2.
Komitment dan pemenuhan
Janji untuk menjalin hubungan
jangka panjang, relationsip marketing menekankan upaya pemeliharaan sikap
percaya atau kepercayaan, komitment, dengan menjaga integritas masing- masing
melalui pemenuhan janji atau timbal balik, empati di antara kedua bealah pihak.
3.
Pangsa konsumen bukan pangsa pasar
Relationship marketing tidak lagi
tertuju pada konsentrasi pencapaian pangsa pasar, tatapi pada upaya untuk
mempertahankan pelanggan.
4.
Nilai sepanjang hidup pelanggan
Perusahaan perlu mengidentifikasi
pelanggan yang berpotensi menjalin hubungan jangka panjang dan kemudian
menghitung nilai hidup pelanggan ( customer value /CLV ) agar menguntungkan
perusahaan.
5.
Dialog dua arah
Untuk mencapai hubungan yang
diinginkan, perusahaan dan pelanggan harus menerapkan komunikasi dua arah.
6.
Kustomisasi
Relationship marketing memberikan
pemahaman yang lebih baik mengenai tuntutan dan keinginan konsumen sehingga
memungkinkan penyediaan produk yang sesuai dengan spesifikasi pelanggan.
Tujuan Relationship Marketing
Tujuan utama
dari relationship marketing menurut Sivesan (2012) adalah meningkatkan hubungan
yang kuat antara pemasar dan pelanggan dengan cara mengkonversi atau menjadikan
pelanggan yang acuh tak acuh menjadi lebih loyal. Sisi lain dari tujuan utama
relationship marketing adalah menemukan lifetime value dari pelanggan. Setelah
lifetime value didapat, tujan kedua adalah lifetime value tiap – tiap kelompok
pelanggan dapat terus diperbesar dari tahun ketahun. Setelah itu, tujuan ketiga
adalah menggunakan profit yang didapat dari dua tujuan pertama mendapatkan
pelanggan baru dengan biaya lebih murah.
Manfaat Relationship Marketing
Relationship
marketing pada dasarnya berusaha menciptakan manfaat relasional. Menurut
Gwinner dkk. (1998) menfaat relasional merupakan manfaat yang diperoleh
konsumen dari relasi jangka panjang yang terjalin sesuai dengan kinerja core
service. Sejalan dengan pendapat tersebut, Henning –Thurau dkk.(2002) enyatakan
bahwa manfaat relasional merupakan berbagai keuntungan yang diperoleh konsumen
dari jangka panjang diatas dari luar pelayanan jasa utama.
Zeithaml
dan Bitner (2008) menyatakan bahwa menfat relasional baru akan di rasakan oleh
pelanggan ketika mereka menerima layanan yang memiliki nilai yang lebih tinggi
di bandingkan hal – hal yang mereka harapkan / dapatkan dari perusahaan
lainnya.
0 komentar:
Posting Komentar