Senin, 07 Agustus 2017

Motivasi Kerja



Pengertian Motivasi
Motivasi adalah proses dimana uasaha seseorang di beri energi, di arahkan,, dan berkesempatan menuju suatu tujuan.

Ada 4 Teori Awal Tentang Motivasi
1.Teori Hierarki Kebutuhan Maslow
2. Teori X dan Y Mc Gregor
3. Teori Dua Faktor Herzburg
4. Teori Tiga Kebutuhan Mc Clelland

Teori Hierarki Kebutuhan Maslow
Menurut Maslow setiap orang terdapat Hierarki dari 5 kebutuhan.
1. kebutuhan fisiologis ( Physiological Needs ) Merupakan kebutuhan sesorang akan makanan,          minuman, tempat berteduh, seks, dan kebutuhan lainya.
2. Kebutuhan keamanan ( safety Needs ) Merupakan kebutuhan seseroang akan kemanan dan perlindungan diri, fisik dan emosional serta jaminan bahwa kebutuhan fisik akan terpenuhi.
3. Kebutuhan social ( Social Needs ) Merupakan kebutuhan seseorang akan kasih sayang, rasa memiliki, penerimaan dan persahabatan.
4. Kebutuhan penghargaan ( Esteem Needs) Merupakan kebutuhan sesorang akan faktor - faktor penghargaan internal seperti harga diri, otonomi , dan prestasi serta faktor  pengargaan eksternal seperti status, pengakuan dan perhatian.
5. Teori aktualisasi dirii ( self actualization Needs) merupakan kebutuhan seseorang akan pertumbuhan, pencapaian potensi seseorang dan pemeuhan diri, dorongan untuk mampu menjadi apa yang di inginkan.
Teori X dan Y Mc Gregor
Teori X adalah pandangan negative orang - orang yang mengasumsikan bahwa karyawan memiliki sedikit ambisi bekerja dan tidak menyukai pekerjaan, ingin menghindari tanggung jawab dan perlu di kendalikan agar dapat bekerja secara efektif.
Teori Y adalah pandangan positive yang mengasumsikan bahwa karyawan menikmati peerjaan, mencari dan menerima tanggung jawab dan berlatih mengarhakan diri.
Teori dua faktor Herzburg
Adalah teori motivasi Herzburg yang mengusulkan bahwa faktor - faktor intrinsik terkait dengan kepuasan kerja sedangkan faktor ekstrinsik berhubungan dengan kepuasan kerja.
Motivator adalah faktor- faktor yang meningkatkan kepuasan kerja dan motivasi. faktor - faktor higines dalah faktor - faktor yang menghilangkan ketidakpuasan kerja tetapi tidak memotivasi.
Teori Tiga Kebutuhan Mc Clelland
Teori tiga kebutuhan mengatakan bahwa terdapat tiga kebutuhan yang di peroleh ( bukan bawaan ) yang merupakan motivator utama dalam pekerjaan.
1. Teori kebutuhan akan prestasi ( nach) merupakan pendorong sukses dan unggul dalam kaitannya dengan serangkaian standar.
2. Teori kebutuhan akan kekuasaan ( npow) merupakan kebutuhan untuk membuat orang lain berperilaku dengan cara dimana mereka tidak akan bersikap sebaliknya.
3. Teori kebutuhan akan afiliasi ( naff) merupakan kegiatan atas hubungan antar pribadi yang akrab dan dekat.



0 komentar:

Posting Komentar