Selasa, 23 Mei 2017

Pasar Produk





  • Pengertian Pasar

Menurut ilmu ekonomi, pasar adalah tepat bertemunya antara permintaan dan penawaran untuk suatu barang atau jasa yang di perjual belikan.

  • Pasar Produk

Pasar yang memperjual belikan produk (barang / jasa) disebut sebagai pasar produk

Ciri-ciri pasar produk :
1.            Pembelinya adalah Konsumen (RT, P, LN)
2.            Komoditas / produk siap pakai
3.            Pembelian dalam partai kecil
4.            Letaknya dekat dengan konsumen



Bentuk Pasar Produk

Berdasarkan banyaknya Penjual :
  1. Pasar Persaingan (Murni /sempurna)
  2. Pasar Persaingan tidak sempurna
    1. Pasar Monopoli
    2. Pasar Monopolistik
    3. Pasar Oligopoli
Berdasarkan banyaknya Pembeli :

  1. Pasar Monopsoni
  2. Pasar Oligopsoni
Pasar Persaingan Sempurna
Merupakan suatu bentuk pasar yang didalamnya terdapat banyak perusahaan/penjual dalam satu jenis produk tertentu

Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna

  1. Terdapat banyak penjual / perusahaan
  2. Barang bersifat homogen
  3. Ada kebebasan keluar masuk pasar
  4. Ada mobilitas sumber produksi untuk produk yang bersangkutan.
  5. Penjual dan pembeli mengetahui kondisi pasar

Pembentukan Harga dalam Pasar Persaingan Sempurna

Harga keseimbangan ditentukan oleh kekuatan permintaan dan penawaran.
Merupakan “Harga Datum” à harga yang sulit dirubah dalam jangka waktu tertentu
Pada pasar persaingan sempurna harga pasar cenderung stabil.
bentuk kurva permintaan dan penawaran pada pasar sempurna berupa garis lurus mendatar sejajar dengan sumbu jumlah barang

Pasar Persaingan Tidak Sempurna

      Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar yang tidak terorganisasi secara sempurna
      Bentuk-bentuk dari pasar di mana salah satu ciri dari pasar persaingan sempurna tidak terpenuhi.

Pasar Monopoli

Suatu bentuk pasar yang didalamnya hanya ada sebuah perusahaan yang menguasai produk tertentu.

CIRI-CIRI PASAR MONOPOLI

  1. Hanya terdapat sebuah perusahaan
  2. Perusahaan memiliki kekuatan untuk menentukan harga
  3. Sulit bagi perusahaan lain untuk memasuki pasar
  4. Hanya ada satu jenis produk tertentu
Faktor  yang mendukung monopoli

1.      Adanya UU & peraturan pemerintah
2.      Kemampuan perusahaan untuk mengusai sumber produksi
3.      Investasi butuh modal besar
4.      Daya inovasi perusahaan
5.      Kerjasama dari perusahaan yang sejenis

Faktor yang membatasi monopoli

1.                   Terdapat produk substitusi
2.                   Adanya campur tangan pemerintah

Dampak monopoli
1.     Harga barang tinggi
2.     Jumlah barang tergantung pada perusahaan

Kebijakan yang harus dilakukan pemerintah :

1.     Penetapan Harga Maksimum (HET)
2.     Penetapan Undang-Undang Antimonopoli
3.     UU yang mengatur ekspor impor

PASAR MONOPOLISTIK

Merupakan pasar yang terjadi bila dalam suatu pasar terdapat banyak produsen, tetapi ada diferensiasi produk (perbedaan merk, bungkus, dan sebagainya) di antara produk-produk yang dihasilkan oleh masing-masing produsen.

Ciri Pasar Monopolistik

  1. Terdapat banyak perusahaan
  2. Produk sejenis, tetapi ada perbedaan ciri khas
  3. Harga jual produk bervariasi
  4. Terjadi persaingan antar perusahaan / penjual

Pasar OLIGOPOLI

suatu keadaan pasar di mana terdapat beberapa produsen atau penjual menguasai penawaran, baik secara independen (sendiri-sendiri) maupun secara diam-diam bekerja sama.

Ciri-ciri Pasar OLIGOPOLI

  1. Terdapat beberapa perusahaan/penjual
  2. Produk yang dijual sejenis
  3. Setiap perusahaan memberlakukan harga yang telah berlaku
  4. Masing-masing perusahaan mempunyai kekuatan menentukan harga
  5. Perusahaan benar2 mengetahui kondisi pasar

Pasar Monopsoni

     Monopsoni adalah suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu pembeli atau pembeli tunggal.
Pembeli à perusahaan yang membeli barang untuk digunakan produksi atau dijual lagi.

Ciri-ciri Pasar Monopsoni

  1. Hanya terdapat satu pembeli, sedangkan penjualnya banyak
  2. Barang yang diperjualbelikan sejenis
  3. Harga yang terjadi cenderung rendah
  4. Sulit bagi pembeli lain untuk masuk ke pasar


Pasar Oligopsoni

Oligopsoni adalah suatu bentuk pasar dimana terdapat beberapa pembeli, dimana masing-masing pembeli cukup besar untuk dapat mempengaruhi harga barang yang dibelinya.

Ciri-ciri Pasar Oligopsoni

  1. Didalamnya terdapat beberapa pembeli
  2. Barang yang diperjualbelikan sejenis
  3. Ada unsur persaingan diantara pembeli untuk mendapatkan barang.
  4. Para pembeli menggunakan  harga yang telah berlaku di pasar.

Fenomena Oligopsoni

Monopsoni sering terjadi penyimpangan.
Sehingga posisi tawar menawar dalam harga bagi petan/produsen masih rendah






0 komentar:

Posting Komentar