Beragam media-media promosi yang
dapat digunakan dalam mempromosikan suatu produk ataupun jasa yang dipasarkan.
Media-media promosi yang dapat digunakan dalam mempromosikan adalah sebagai
berikut;
1. Brosur
Di Indonesia mulai dikenal pada
tahun 1870, yakni digunakan untuk promosi perusahaan secara komersil. Brosur
pertama kali datang diperusahaan milik Belanda. Pada era 1930 hingga 1942,
brosur mulai berkembang pesat di Indonesia. Walaupun demikian brosur pertama
mengiklankan produk keperluan seperti odol, sabun, tawaran kursus, bahkan
produk kerajinan seperti batik beredar pesat.Brosur adalah terbitan tidak
berkala yang dapat terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, tidak
terkait dengan terbitan lain, dan selesai dalam sekali terbit. Halamannya
sering dijadikan satu (antara lain dengan stapler, benang, atau kawat),
biasanya memiliki sampul, tapi tidak menggunakan jilid keras.
Menurut definisi UNESCO, brosur
adalah terbitan tidak berkala yang tidak dijilid keras, lengkap (dalam satu
kali terbitan), memiliki paling sedikit 5 halaman tetapi tidak lebih dari 48
halaman, di luar perhitungan sampul.
Bentuk dan isi bila terdiri dari
satu halaman, brosur atau pamflet umumnya dicetak pada kedua sisi, dan dilipat
dengan pola lipatan tertentu hingga membentuk sejumlah panel yang terpisah
2. Catalog
Media ini biasanya memuat
informasi yang lebih lengkap dibanding flyer ataupun brosur, sangat tepat untuk
mempromosikan produk dengan jumlah banyak. Katalog memuat informasi yang lebih
lengkap, dari informasi seputar spesifikasi produk, gambar produk, kelebihan
dan keunggulan, bahkan setiap kali diinformasikan juga harga produk tersebut.
Katalog akan memudahkan konsumen untuk bisa memilih sendiri produk mana yang
sesuai dengan keinginan dan anggaran biayanya.
Terkadang produk-produk yang
didisplay pada katalog disertai juga dengan info diskon. Contoh penggunaan
katalog antara lain digunakan oleh Giant, Alfamart, Hero, Carrefour, Matahari,
Olimpic, Colombia, dll
3. Pamphlet
Pamphlet (pamplet) adalah semacam
booklet (buku kecil) yang tak berjilid. Mungkin hanya terdiri dari satu lembar
yang dicetak di kedua permukaannya. Tapi bisa juga dilipat di bagian tengahnya
sehingga menjadi empat halaman. Atau bisa juga dilipat tiga sampai empat kali
hingga menjadi beberapa halaman.
Jika
dilipat menjadi empat, pamphlet itu memiliki nama tersendiri yaitu leaflet.
Penggunaan pamphlet atau leaflet umumnya dilakukan untuk pemasaran aneka produk
dan juga untuk penyebaran informasi politik.
Pamphlet pertama kali diperkenalkan
pada tahun 1387 sebagai “pamphilet atau “panffet’ yang mengikuti kepopuleran
komik satir saat itu berjudul Phamphilus, Seu de Amore. Phampilus artinya
dicintai semua orang. Pada umumnya, pamphlet dicetak dengan kualitas baik sebab
untuk membangun citra yang baik terhadap layanan atau produk yang
diinformasikan dalam pamphlet tersebut.
Berbeda dengan poster yang
didesain agar orang bisa mudah membaca informasi walaupun dalam posisi
bergerak, pamphlet ditujukan agar dibaca secara khusus. Pada beebrapa jenis,
pamphlet dimaksudkan agar orang menyimpang agar sekali waktu digunakan bila
membutuhkan informasi.
4. Booklet
Booklet merupakan media
komunikasi massa yang bertujuan untuk menyampaikan pesan yang bersifat promosi,
anjuran, larangan-larangan kepada khalayak massa dan berbentuk cetakan.
Sehingga akhir dari tujuannya tersebut adalah agar masyarakat yang sebagai
obyek memahami dan menuruti pesan yang terkandung dalam media komunikasi massa
tersebut.
Menurut
Effendy Sholeh dalam bukunya, periklanan di era masa kini, menyebutkan bahwa
booklet adalah suatu sarana periklanan yang mampu menarik banyak
konsumen-konsumen produktif. Hal ini disebabkan oleh adanya booklet yang bisa
mencakup tidak hanya produk saja, akan tetapi dapat mencakup berbagai jenis-jenis
produk yang itu bisa membuat konsumen melakukan perbandingan dalam hal
marketing. Dalam pembuatan Booklet masih tergantung pada high teknologi, hal
ini merupakan alternatif dalam penampilannya yang efektif dan efisien dalam
hasil dan proses pembuatan booklet tersebut.
Pandangan umum masyarakat
mengenai booklet tidak jauh berbeda dengan promosi atau sponsor-sponsor.
Sebagai contohnya adalah sebuah perusahaan koperasi dalam melakukan
pemasarannya menggunakan jasa media komunikasi massa berupa booklet, seperti
memasarkan barang-barang yang diproduksinya. Mulai dari :
·
bentuk barang produksi
·
keunggulan dan kelemahan barang produksi
·
perbedaannya dengan barang sama tetapi
diproduksi oleh usaha lain
·
dimana bisa memperolehnya dan
·
berapa harga dari produksi tersebut
Sedangkan jika ditinjau dari
penyebarluasannya, booklet mempunyai pengertian bahwa adalah sebuah media dari
komunikasi massa yang tidak hanya menyiarkan, memberitahukan dan memasarkan,
akan tetapi booklet ini juga bisa berupa sebuah perwujudan dari sebuah
informasi yang bisa berupa pengertian-pengertian asal usul berdirinya
organisasi, penyuluhan dari organisasi-organisasi, serta pemberitahuan
masyarakat yang biasanya lebih bersifat umum.
Dengan menggunakan booklet , organisasi bisa mengisi booklet
dengan pesan-pesan yang lebih bersifat umum, seperti larangan memakai narkoba,
larangan seks bebas, anjuran agar giat bekerja, anjuran untuk meningkatkan
ketakwaan dan sebagainya sesuai dengan visi dan misi organisasi tersebut.dan
biasanya lembaga-lembaga yang menggunakan metode ini seperti :
1)
Organisasi Partai Politik Adalah organisasi yang
berfokus dibidang perpolitikan, seperti partai-partai politik. Lembaga ini
menggunakan media booklet sebagai wadah komunikasi dengan kader-kadernya. Dan
juga sarana promosi Visi dan Misi organisasi partai tersebut sehingga mendapatkan
partisipan yang banyak.
2)
Organisasi Kepemudaan Organisasi kepemudaan yang
biasanya bergerak dalam hal-hal kepemudaan, seperti gerakan organisasi pemuda ,
pemuda Nahdlatul Ulama, Gerakan pemuda
Pancasila dan lain sebagainya. Organisasi ini tidak jauh beda dengan organisasi
partai politik, yang menggunakan booklet sebagai wadah aspirasi kejiawaan
anggota-anggotanya dan sumber informasi tentang organisasi tersebut.
3)
Organisasi Keagamaan Organisasi ini biasanya
memanfaatkan booklet sebagai wadah dakwah atau si’ar dari agama tersebut.
4)
Organisasi Kemahasiswaan Organisasi ini yang
biasanya sangat idealis dengan keintelektualannya ini, biasanya menggunakan
fungsi booklet ini sebagai sarana atau wadah untuk mengaktualisasikan teori
yang ada di benak mereka.
5)
Organisasi Kedaerahan Organisasi kedaerahan ini
memanfaatkan media komunikasi yang berupa booklet sebagai sarana untuk
memberikan informasi-informasi yang berkaitan dengan daerah yang bersangkutan.
b. Keunggulan dan kelemahan
Sesuatu itu tak mungkin bisa
lepas dari keunggulan dan kelemahan. Sedangkan keunggulan dan kelemahan dari
booklet itu adalah :
·
Keunggulan-keunggulan dari booklet itu adalah
bahwa booklet ini menggunakan media cetak sehingga biaya yang dikeluarkannya
itu bisa lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan media audio dan
visual serta juga audio visual. Proses booklet agar sampai kepada obyek atau
masyarakat bisa dilakukan sewaktu-waktu. Proses penyampaiannya juga bisa disesuaikan
dengan kondisi yang ada, lebih terperinci dan jelas, karena lebih banyak bisa
mengulas tentang pesan yang disampaikannya.
·
Kelemahan : booklet ini tidak bisa menyebar ke
seluruh masyarakat, karena disebabkan keterbatasan. Tidak langsungnya proses
penyampaiannya, sehingga umpan balik dari obyek kepada penyampai pesan tidak
secara langsung (tertunda). Memerlukan banyak tenaga dalam penyebarannya.
5. Spanduk
Spanduk merupakan suatu media
informasi dan promosi yang sering digunakan oleh para perusahaan dalam
memasarkan sebuah produk, biasanya spanduk terdapat pada tepi jalan raya atau
diwarung-warung. Spanduk banyak dimininati oleh para perusahaan dalam
memasarkan produknya, sebab harganya pembuatannya yang cenderung murah, selain
itu sangat efektif dalam media promosi, tergantung desain yang pas untuk
promosi produk.
Spanduk menurut dominikus juju
dalam bukunya “desain promosi” mengatakan bahwa sebuah media informasi yang
memberitahu informasi kepada masyarakat banyak. Pada awalnya, spanduk hanya
terbatas menggunakan media kain dan sablon tapi seiring perkembangan zaman
spanduk sekarang bisa dengan mudah dibuat menggunakan digital printing dan
hasil dari digital printing pun lebih baik dan kreatif dengan bantuan
software-software yang canggih serta proses pembuatannya juga tidak terlalu
lama daripada menggunakan sablon. Media pembuatan spanduk kini tidak terbatas
pada kain tetapi dapat juga menggunakan bahan-bahan yang lebih baik dan dapat
tahan lama.
Kelebihan dan Kekurangan Spanduk
·
Kelebihan
1.
Khalayak dapat mengatur tempo dalam membaca. Ia
dapat mengulang bacaannya kembali dan mengatur cara membaca.
2.
Media yang dapat di tinjau ulang, pembaca dapat
dengan tenang, membaca dengan teliti
3.
Iklannya dan dapat membaca kembali bagianbagian
menurut kehendaknya. Karena sifatnya yang tercetak pesan-pesannya bersifat
permanen dan kekuatan utamanya adalah dapat dijadikan bukti.
4.
Media ini tahan lama dan dapat dilihat dari
jarak jauh.
5.
Saat pembaca tidak paham pada satu bagian dari
isinya, pembaca dapat menanyakan pada orang lain.
·
Kekurangan
1.
Untuk menikmatinya diperlukan kemampuan membaca
dan atensi atau perhatian, karena tidak bersifat auditif dan visual, ia
memintakan pula kemampuan imajinasi pembaca untuk menikmati dan memahaminya.
2.
Membutuhkan proses penyusunan dan penyebaran
yang kompleks dan membutuhkan waktu yang relatif lama.
3.
Jenis bahan yang digunakan biasanya mudah sobek,
artinya gangguan mekanis tinggi,
sehingga informasi yang diterima tidak lengkap.
6. Billboard atau Papan Reklame
Billboard atau sering disebut
dengan papan reklame adalah bentuk promosi iklan luar ruang dengan ukuran
besar. Dapat dikatakan pula billboard adalah bentuk poster dengan ukuran yang
lebih besar yang diletakkan tinggi di tempat tertentu yang ramai dilalui orang.
Di Indonesia, billboard punya
definisi sendiri. Yaitu reklame yang berbentuk bidang dengan bahan terbuat dari
kayu, logam, fiberglas, kain, kaca, plastik, dan sebagainya yang pemasangannya
berdiri sendiri, menempel bangunan dengan konstruksi tetap, dan reklame
tersebut bersifat permanen.Sehingga papan iklan di atas toko pun masuk kategori
billboard.
Sebelum era globalisasi
penyebaran reklame atau billboard belum begitu meluas, sehingga pemanfaatan
reklame tidak bisa maksimal (hanya) beredar/diketahui oleh masyarakat-masyarakat
tertentu. Sedangkan di era globalisasi ini reklame sudah menyebar luas melalui
media komunikasi yang ada yang berjalan seiring dengan perkembangan teknologi.
Sehingga tidak hanya masyarakat atau kalangan tertentu saja yang dapat mengetahui
atau menikmatinya tetapi hampir dilapisan masyarakat dapat mengetahui dan
menikmatinya Reklame dalam suatu pengertian yang luas merupakan suatu kegiatan
untuk mengajak seseorang atau kelompok orang mengikuti isi reklame tersebut.
Reklame berasal dari bahasa Spanyol yaitu Re dan Clamos sedangkan dari bahasa
latin Re dan Clame, Re artinya berulang-ulang sedangkan Clame atau
Clamosartinya berteriak, sehingga secara bahasa Reklame adalah suatu teriakan/
seruan yang berulang-ulang. Reklame dapat juga diartikan sebagai suatu sarana
yang memiliki tujuan menjajakan produknya atau membuat barangnya laku di
pasaran.
Reklame memiliki dua sifat,
pertama reklame bersifat komersial yaitu suatu reklame yang digunakan untuk
memperoleh keuntungan. Dan reklame bersifat sosial yaitu suatu reklame yang
semata-mata tidak bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang berbentuk
material
Terdapat beberapa hal yang harus
diperhatikan dalam membuat reklame agar reklame tersebut dapat dikatakan baik,
antara lain sebagai berikut:
a)
Persuasif (mengajak) Yaitu kegiatan reklame
diharapkan dapat menarik dan mengajak masyarakat
b)
Estatis(induk) Untuk dapat memvisualisasikan
reklame dengan indah kita harus menerapkan beberapa unsur keindahan antara
lain:
·
Keseimbangan ( balance )
·
Harmonis Irama ( ritme )
·
Kontras ( berlawanan )
·
Etis ( sopan atau sesuai dengan norma )
·
Edukatif ( mendidik )
Pada era digital saat ini,
billboard atau reklame pun menggunakan teknologi baru sehingga muncullah
digital billboard, Contohnya digital billboard yang sering digunakan dalam melakukan
promosi produk seperti :
·
Megatron
Dapat dikatakan bahwa megatron
merupakan sebuah billboard yang sesuai dengan kemajuan era masa digital yang
telah menggunakan tampilan elektronik berupa gambar bergerak gerak.
·
Videotron
Sebuah billboard yang sudah sangat mengikuti
kemajuan masa era digital terkini yang mana menampilkan isi iklan berupa gambar
film atau video digital sebagai media utamanya, maka media reklame ini sudah
disebut dengan videotron. Videotron mampu memberikan nuansa kemeriahan
kota-kota besar. Keberadaan videotron di kota modern sangat diperlukan,
videotron saat ini telah menjadi suatu media ruang iklan lebih efektif
dibandingkan dengan baliho atau media lain seperti spanduk. Selain menampilkan
gambar yang interaktif berupa video, videotron juga bisa digunakan untuk
sosialisasi, kegiatan sosial dari pemerintah ataupun perusahaan berbentuk
video.
Kelebihan dan Kekurangan Billboard
·
Kelebihan
a)
Relatif Murah Media luar ruang/billboard
sesungguhnya memerlukan pembiayaan yang relatif murah karena berlaku selama 1
tahun untuk sekali kontrak/pembayaran.
b)
Penjadwalan Fleksibel Penjadwalan / penempatan
media luar ruang relative fleksibel karena dapat ditempatkan pada lokasi-lokasi
yang dianggap paling tepat untuk suatu produk yang akan diiklankan.
c)
Dampak yang jauh adalah mampu mempengaruhi
langsung untuk mencoba atau membeli produk yang diiklankan dalam billboard.
d)
Potensi Kreatif Media luar ruang memiliki
fleksibilitas pengembangan kreatifitas sesuai dengan kemampuan praktisi-praktisi
kreatif.
·
Kekurangan
a)
Pesan Terbatas Sebab waktu baca / penglihatan
yang sekelebat, pesan-pesan pada media luar ruang dibuat sangat terbatas atau
singkat.
b)
Tidak efektif bagi pengendara mobil Pengendara
mobil yang membutuhkan konsentrasi penuh, kadang-kadang mengesampingkan
berbagai hal yang ia lewati, termasuk billboard yang mengiklankan produk
tertentu, apalagi membaca secara jelas.
c)
Kendaraan umum yang penuh sesak Dalam kota-kota
besar seperti mampu mempengaruhi langsung untuk mencoba atau membeli produk
yang diiklankan dalam billboard.
d)
Potensi Kreatif Media luar ruang memiliki
fleksibilitas pengembangan kreatifitas sesuai dengan kemampuan praktisi-praktisi
kreatif.Jakarta, di mana kendaraan umum adalah sarana transportasi bagi
sebagian besar masyarakat, menyebabkan kondisi yang penuh sesak dan menyulitkan
untuk sekedar melihat ke luar kendaraan.
e)
Sasaran Pengrusakan Media-media luar ruang
rentan terhadap pengrusakan dari masyarakat yang tidak menyenangi adanya media
iklan yang dipasan.
7. Banner
Perkembangan teknologi digital
printing membuat X-Banner cukup popular digunakan pada saat ini. Dihasilkan
dengan mesin flexi, X-Banner menghasilkan kualitas yang cukup bagus namun harga
yang terjangkau. Media ini biasanya berukuran 60cm x 160cm dan dibantu dengan
penyangga (yang berbentuk seperti huruf x) agar mudah berdiri.
·
Kelebihan
a)
Banner jika penempatan dan desain yang baik,
iklan banner dapat memberikan di atas ratarata iklan lainnya.
b)
Iklan banner adalah alat branding yang sangat
baik.
c)
Penayangan iklan mudah dilacak dengan alat
pelacakan yang tersedia. Iklan banner dapat membawa traffic bertarget yang
tertarik dengan penawaran Anda.
·
Kekurangan
a)
Beberapa jenis iklan banner sering terlihat
menjengkelkan dan sangat menganggu.
b)
Pertumbuhan penggunaan blocker iklan mencegah
pengguna melihat iklan.
c)
Oversaturation iklan banner menyebabkan kebutaan
iklan. Harga iklan menurun akibat desain banner.
8. Flyer
Flyer merupakan sebutan lain dari
brosur, pamphlet, atau booklet. Merupakan terbitan tidak berkala yang dapat
terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, tidak terkait dengan terbitan
lain, dan selesai dalam sekali terbit. Halamannya sering dijadikan satu (antara
lain dengan stapler, benang, atau kawat), biasanya memiliki sampul, tapi tidak
menggunakan jilidkertas.
Bila terdiri dari satu halaman,
pamphlet umumnya dicetak pada kedua sisi, dan dilipat dengan pola lipatan
tertentu hingga membentuk sejumlah panel yang terpisah. Pamphlet yang hanya
terdiri dari saru lembar/halaman serign disebut selebaran dan dalam bahasa
inggris disebut leaflet atau flayer.
Flyer memuat informasi atau
menjelaskan tentang sutu produk,layanan, fasilitas umum profil perusahaan,
sekolah, atau dimaksudkan sebagai sarana beriklan. Informasi dalam flyer
ditulis dalam bahasa ringkas dan mudah dipahami dalam waktu yang singkat. Juga
didesain agar menarik perhatian, dan dicetak diatas kertas yang baik dalam
usaha membangun citra yang baik terhadap layanan atau produk tersebut.
9. Kartu nama
Beberapa tahun ini kebutuhan akan
kartu nama untuk sebagian manusia dirasa kurang bermanfaat, sebab kecenderungan
sekarang dengan adanya Smartphone yang makin terjangkau dan memasyarakat,
sehingga dalam bertukar nomor telepon, alamat email, pin bb, bahkanlokasi usaha
mudah ditemukan dengan Google maps.
Kartu nama dapat dianggap penting
saat kita akan menonjolkan profil diri atau pekerjaan kita yang kadang tidak
bisa dipersentasikan secara deatail melalui sebuah handphone, smartphone, atau
Blackberry. Dengan kartu nama tersebut, dapat memunculkan kesan baik ataupun
kepercayaan profesiionalisme dibanding hanya menyebutkan angka nomor telepon
yang terkadang kita salah pencet sehingga tidak bisa menghubungi atau terkadang
salah sambung.
Kartu Nama bagi seorang
pembisnis, baik itu owner maupun karyawan sangatlah penting, kartu nama juga
berfungsi sebagai salah satu sarana promosi yang efektif untuk perusahaan
ataupun usaha jasa perseorangan, untuk mengingatkan kembali layanan maupun
pesan-pesan yang kita sampaikan kepada calon pelanggan.
Media cetak adalah media massa
yang berbentuk printing dimana dinikmati dengan membaca dan bentuk medianya
statis. Artinya, media ini
dengan bentuk tercetak dimana Umumnya,
terbit paling cepat sehari sekali (di beberapa negara, ada media cetak yang
terbit sehari dua kali). Dengan sistem
penulisan secara in dept (lebih mendalam dan lengkap).Kedua bentuk media massa
tersebut memiliki perbedaan yang sangat jelas serta memiliki kekurangan dan
kelebihan pada masing-masing karya
jurnalistik.
Jenis –jenis Media Cetak yaitu:
a.
Koran
Merupakan media cetak yang terbit
setiap hari secara teratur, tulisannya dalam bentuk berita, artikel, feature,
tajuk dll. Informasi yang disajikan lengkap menjawab rumusan yaitu 5W 1H (what,
who, when, where, why, dan how). Isi informasi ditujukan untuk mempengaruhi
atau mempersuasifkan secara rasional atau pikiran.
Kelebihan media ini adalah karena
harganya murah, informasi lengkap dan selalu actual, mudah dan cepat menjangkau
khalayak yang dinginkan, mudah disimpan dan dibawa. Namun kekurangannya adalah
isi pesan terlalu singkat, penyajian gambar kurang menarik dan pesan hanya bisa
disampaikan bagi public yang memiliki kemampuan membaca.
b.
Majalah
Majalah adalah media yang
digunakan untuk mengahasilkan gagasan feature dan publisitas bergambar untuk
bahan referensi dimasa mendatang. Majalah biasanya terbit seminggu sekali.
Kelebihan media ini adalah mampu menyajikan informasi yang tidak hanya menjawab
5 W + 1H, tapi juga secara tuntas dengan bahasan dari berbagai sisi, dicetak
dengan kertas yang menarik dan berkualitas sehingga mampu menampilkan
gambar-gambar yang lebih menarik dan
mampu disimpan pada jangka waktu yang sangat lama. Namun kekurangannya bahwa
media ini pesannya tidak bisa segera di peroleh public, dan harganya mahal.
11.Ambient
Art Ambient media atau Ambient
Artmerupakansalah satu bentuk new media dalam beriklan. Ambient media atau
Ambient Art memiliki cara yang berbeda dengan iklan konvensional dalam hal
konten atau yang lainnya. Semangat yang dibawa oleh ambient media adalah
memberikan pengalaman yang tidak terlupakan (memorable experience) kepada
konsumen. Ambient media: “It works for two simple reasons-it gets people's
attention and provokes an emotional response”. (Syamsul Bahri, 2007)
Pada umumnya Ambient Art berusaha
memainkan emosi khalayak sasaran dengan cara mengangkat ide lucu (visual pun),
horor, hal-hal yang menjijikan, atau bentuk ekspresi dan emosional lainnya dan
berusaha melibatkan khalayak diajak untuk terlibat; dari mengarahkan mata,
memanfaatkan gerak anggota tubuh, menghadirkan sebagian atau keseluruhan tubuh
dalam iklan.
Beberapa faktor yang mendukung
perkembangan ambient media diantaranya:
·
Isu yang berkembang
·
Persaingan
·
Menurunya kekuatan media konvensional (seperti
spanduk, banner, billboard, dll)
·
Semakin semerawutnya jumlah iklan televisi yang
menggempur konsumen setiap hari
·
Adanya tuntutan permintaan yang semakin tinggi
terhadap media komunikasi non konvensional. Media yang tidak biasa out of
standard. Dan menarik
·
Kebutuhan untuk menjaring target audience yang
lebih signifikan bagi produk
·
Perkembangan teknologi, multi media, internet
dan sebagainnya. Ambient advertising menawarkan kelebihan-kelebihan berikut
ini:
·
Bila dekat dengan lokasi pembelian, biaya
kampanye ambient bisa lebih murah ketimbang promosi penjualan dan (ketimbang
diskon) mampu memberi insentif di lokasi pembelian (point-of-purchase
incentive) tanpa efek negatif yaitu merosotnya keuntungan.
·
Kampanye ambient yang diterapkan dengan baik
ikut menggenjot citra merek.
·
Kampanye kreatif kerap mendapat liputan pers,
bahkan kampanye tertentu memang sengaja didesain agar mendapatkan liputan luas.
·
Kampanye ambient sangat efektif untuk
mengaktifkan kebutuhan.
Ambient media atau Ambient Art
merupakan perpaduan berbagai bentuk elemen estetik; fotografi, ilustrasi,
desain grafis,happening art, seni instalasi, patung, tata cahaya, dan komponen
seni lainnya. Dengan demikian ambient media memanfaatkan suasana dan elemen
ruang publik yang ada di sekitar media tersebut ditampilkan.
12.Flash mob
Flash mob merupakan gerakan yang
dilakukan sekelompok orang asing yang tiba-tiba berkumpul di tempat umum,
melakukan hal yang nggak biasa untuk beberapa menit, kemudian membubarkan diri
begitu saja. Kegiatan ini biasanya diorganisir hanya melalui situs sosial
media, email atau media lainnya.
Nama flash mob sebenarnya berasal
dari dua kata dalam bahasa Inggris yaitu flash yang berarti sekejap atau kilat
dan mob yang berarti kerumunan. Makanya, setiap gerakan flash mob pasti
melibatkan banyak orang dan hanya terjadi dalam waktu yang sangat singkat.
Flash mob pertama kali dilakukan di department store terkenal, Macy’s di
Manhattan, New York, Amerika Serikat pada bulan Juni 2003 dengan adegan 100
orang tiba-tiba saja datang ke bagian yang menjual karpet di departemen itu dan
ingin membeli karpet yang sama. Setelah sukses membuat si penjual bingung untuk
beberapa menit, mereka pun membubarkan diri. Gerakan ini dipelopori oleh Bill
Masik, seorang editor dari Harper’s Magazine.
Sekarang gerakan ini ada di
mana-mana dan terkadang dilakukan dalam rangka mendukung sebuah kampanye,
sebagai bentuk protes atau pun bentuk ekspresi. Flash mob di Indoesia kini
telah dilakukan seperti pada tanggal 10
Oktober 2010 lalu sekitar 1.000 orang tiba-tiba menari di bundaran HI dengan
lagu “Love Today” yang dipopulerkan Mika
Flash mob biasanya dimulai dengan
aksi seseorang yang tiba-tiba berteriak, bernyanyi, memainkan alat musik, atau
melakukan gerakan-gerakan aneh yang menarik perhatian. Orang ini berperan
sebagai “provokator” yang mempengaruhi orang lain supaya mengikuti aksi
tersebut. Kemudian aksi tersebut diikuti
oleh banyak orang. Flashmob memiliki keunikan yaitu setelah pertunjukan
selesai, semua penampil lebur dalam keramaian. Suasana langsung berubah seperti
sedia kala, seolah-olah tak terjadi apaapa. Meskipun terlihat spontan, flash
mob sebenarnya dipersiapkan dengan sangat teliti, sering melibatkan penari dan
pemusik profesional. Supaya rencana mereka tidak dapat terbaca oleh penumpang,
pelakunya berpenampilan seperti awak kabin pesawat, petugas bandara atau
seperti penumpang biasa. Atraksi ini juga melibatkan semua kelompok umur, mulai
anak-anak sampai orang tua. Tapi tentu saja semuanya adalah penampil yang
profesional.
13.Social Media (media Sosial)
Media Sosial (Social Media)
adalah saluran atau sarana pergaulan sosial secara online di dunia maya
(internet). Para pengguna (user) media sosial berkomunikasi, berinteraksi,
saling kirim pesan, dan saling berbagi (sharing), dan membangun jaringan
(networking).
Media sosial merupakan sebuah
media online, dengan para penggunanya (users) bisa dengan mudah berpartisipasi,
berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan
dunia virtual.Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang
paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Media sosial menurut Gamble,
Teri, dan Michael dalam Communication Works dalam kutipan Wikipedia mempunyai
ciri - ciri sebagai berikut :
·
Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu
orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS
ataupun internet
·
Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus
melalui suatu Gatekeeper
·
Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di
banding media lainnya
·
Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi
Jenis-Jenis Media Sosial Media
sosial yang populer digunakan di Indonesia antara lain
·
Facebok
Facebook sangat cocok dalam media pemasaran atau promosi yang baik, sebab
banyak sekali para pelanggan menggunakan facebook, hampir semua orang memiliki
facebook dan pernah melakukan pengecekan facebook. Bahkan ada banyak orang yang
telah kecanduang bermain facebook sepanjang hari melakukan pengecekan status dan pembuatan status didalam facebook,
hal-hal seperti inilah yang dimanfaatkan para pembisnis atau pengusaha dalam
memasarkan produknya. Facebook merupakan media promosi yang tergolong murah dan
masih dianggap sangat efektive. Facebook pertama kali hadir pada bulan Februari
2004 yang didirikan oleh Mark Zuckerberg. Pada awal berdirinya Facebook hanya
ditujukan untuk kalangan Mahasiswa Universitas Harvard. Baru di tahun 2005
Facebook membuka keanggotaan untuk kalangan anak sekolah. Setahun kemudian pada tahun 2006 Facebook membuka keanggotaan
secara universal atau dikatakan terbuka untuk siapa saja. Baik dari belahan
bumi manapun, semua orang bisa bergabung dengan Facebook. Manfaat Facebook
Facebook telah menjadi situs sosial networking terbesar saat ini, ada bagitu
banyak manfaat facebook yang bisa kita gunakan.
Berikut adalah beberapa manfaat
facebook yang sangat terasa dalam kehidupan manusia di zaman sekarang ini :
·
Sebagai Tempat Untuk Mencari Teman, manfaat yang
paling terasa dari bintang adalah kita dapat menjumpai teman lama kita disini.
·
Tempat promosi, bisa menjadi media promosi yang
sangat efektif. Saya sendiri sudah memanfaatkannya facebook dengan menggunakan
Halaman Indovisual Presentatamasebagai tempat promosi situs saya.
·
Tempat diskusi, salah satu fitur di situs
jejaring sosial ini adalah group, yang berfungsi seperti forum. Anda bisa
berdiskusi tentang apapun.
·
Sebagai Tempat Untuk Menjalin Hubungan,
Contohnya mencari pacar, karena di facebook mudah saja kita mendapatkan seorang
pacar.
·
Sebagai Tempat Belajar Dan Bermain, disamping
untuk bermain, di facebook juga bisa digunakan untuk mempelajari ilmu ilmu yang
belum pernah kita temukan sebelumnya
·
Kelebihan
a)
Menggunakan facebook sangat mudah.
b)
Bisa digunakan untuk media bisnis online melalui
jaringan pertemanan yang telah dimiliki.
c)
Upload gambar mudah, dan bisa dibuat album foto.
d)
Terdapat aplikasi chat yang membuat pangguna
yang sedang online bisa chat dengan temannya yang sedang online juga.
e)
Pengguna bisa membuat/bergabung dengan group
kesukaan/hobi/bisnis/pertemanan yang memungkinkan pembagian informasi lebih
spesifik, mudah, dan tepat sasaran.
·
Kekurangan
a)
Seringnya facebook berubah tampilan kerap
membuat pengguna bingung.
b)
Layout yang tidak bisa diganti.
c)
Alur informasi masih kalah cepat dengan twitter.
·
Twitter
Twitter merupakan layanan microblogging yang dimiliki dan
dioperasikan oleh Twitter Inc. Keguanaan twitter yaitu para pengguna dapat
membaca dan mengirim pesan atau tweet sepanjang maksimal 140 karakter. Selain
itu pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan
followers (pengikut). twitter semakin mengukuhkan dirinya sebagai salah satu
jejaring sosial paling populer di dunia. Pengertian twitter menurut andy shera
dalam bukunya Step by Step Internet Marketing adalah suatu website yang memberi
fasilitas kepada membernya untuk mengupdate kegiatannya sehari-hari. Berikut
ini kelebihan dan kekurangan twitter.
·
Kelebihan
a)
Menjangkau tidak hanya antara teman, tetapi
komunikasi antara artis dengan fans-nya juga menjadi lebih mudah.
b)
Komunikasi di twitter terjadi sangat cepat.
Sering terjadi berita-berita terupdate, seperti terjadinya suatu bencana
misalnya, lebih dahulu didapatkan infonya melalui twitter.
c)
Terdapat fitur trending topic yang memungkinkan
kita untuk mengetahui apa saja yang sedang in atau happening dibicarakan oleh
para pengguna twitter.
d)
Dapat memasarkan produk secara geratis
·
Kekurangan
a)
Setiap tweet dibatasi maksimal hanya 140
karakter saja. Banyak symbol yang harus diingat kegunaannya oleh pengguna,
seperti @, RT, # dan lainlain.
b)
Tidak ada fitur Chatting seperti di facebook.
c)
Ukuran avatar (foto profil) kecil
·
Youtube
Youtube mernurut Anwari dan Java
Creativity dalam bukunya 100 software downloader ajaib mengatakan bahwa youtube
ada sebuah situs web video sharing (berbagi video ) popular yang didirikan pada
februari 2005 oleh tiga orang karyawan paypal yang tidak bekerja lagi
diperusahaan tersebut yaitu Chad Hurley, Steve chen, dan jawed. Menurut
perusahaan penelitian internet hitwise,
pada Mei 2006 Youtube memiliki pangsa pasar 43 persen. Hal ini yang menjadi
suatu peluang bagi pengusaha dalam mempromosikan suatu produknya didalam
youtube, baik dengan cara beriklan pada
situs ini maupun memasang iklan berbentuk video yang kemudian diunggah kedalam situs youtube.
Adapun beberapa manfaat lain bagi
para pengguna youtube adalah sarana untuk memasarkan produk. Bagi anda yang
memiliki usaha dapat menggunakan website ini dengan cara mengupload video anda
tersebut ke youtube sehingga bisa dibilang sebagai sarana iklan yang gratis.
Manfaat lainnya adalah dapat berbagai ilmu. Bukan hanya sebagai sarana hiburan,
namun beberapa pengguna youtube juga mengupload bermacam-macam tutorial yang
sangat berguna. Contohnya seperti resep masakan atau tutorial untuk memainkan
alat musik sehingga anda tidak harus kursus jauh-jauh atau mengeluarkan biaya
yang banyak. Berikut ini kelebihan dan kekurangan youtube.
·
Kelebihan
a)
Bisa melihat dan mengupload video yang kita suka
b)
Sebagai ajang promosi diri
c)
Bisa mendownload setiap video
d)
Bisa belajar streaming, banyak video bermanfaat
e)
Ukurannya ada yang HD, bisa di download videonya
banyak
·
Kekurangan
a)
Bisa disalahgunakan penggunanya
b)
Banyak informasi yang menyesatkan
c)
Banyak negara yang memblok Youtube
d)
Karena terlalu bebas upload jadi banyak video
yang tidak berguna atau video pornografi yang terupload
e)
Gambarnya tersendat sendat
f)
Banyak video dengan kualitas buruk
g)
Tidak cocok untuk slow conection
·
Blog
Memiliki blog bisnis dapat
memiliki beberapa keuntungan untuk bisnis baik kecil maupun besar dengan
anggaran pemasaran yang ketat. Jika suatu pengusaha tidak memiliki web secara
resmi atau bayar maka blog merupakan alternatif yang menawarkan
setup gratis dan mudah perawatan. Web Log atau yang sering juga disebut BLOG
adalah sebuah diary atau catatan-catatan pribadi yang disimpan secara online
dan umumnya bersifat terbuka bagi siapa saja yang ingin membacanya. Dapat juga
berisi kutipan dari sumber lain yang sengaja dipublikasikan kembali dalam satu
tempat. Blog sendiri memiliki ciri-ciri secara umum yaitu sebagai berikut:
·
Memiliki Nama dan Alamat yang bisa diakses
secara online
·
Memiliki tujuan
·
Memiliki isi atau postingan yang berupa artikel,
catatan, dan informasi lainnya
·
Postingan atau isi blog terarsip (tersimpan
sesuai tanggal, bulan dan tahun posting)
·
Isi Blog umumnya selalu bertambah atau terupdate
sesuai dengan tujuan blog
Blog memiliki kemiripan atau sama
dengan situs-situs atau web yang sering temui di internet. Materi dan konten
merupakan kebebasan penuh dari sang pembuat blog. tentu saja sangat disarankan
lebih ke arah membagi pengetahuan yang bermanfaat.
Manfaat blog dikalangan pembisnis
yang paling utama adalah sebagai alat
promosi secara online di dunia dengan menggunakan fasilitas internet. Berikut
ini merupakan manfaat-manfaat lainnya dalam mempromosikan produk pada media
blog sebagai berikut:
1)
Komunikasi dengan Pelanggan
Blog dapat digunakan untuk
mem-publish pengumuman, berita, acara, artikel maupun produk baru. Melalui
blog, pelanggan dapat dengan mudah mengetahui perkembangan terkini perusahaan
dan juga produk-produk terbarunya. Pelanggan juga dapat memberikan komentar,
tanggapan atau masukannya terhadap perusahaan, baik mengenai produk, management
maupun pelayanan yang diberikan. Salah satu contoh perusahaan yang sukses
menggunakan blog untuk sarana komunikasi dengan pelanggan adalah Google.
Melalui blog resminya, http://googleblog.blogspot.com/, Google menyajikan
berita dan perkembangan terkini dari Google termasuk acara, kegiatan, produk
baru, penambahan fitur produk maupun perkembangan teknologi terkini. Dengan
lebih dari 250 ribu orang terdaftar sebagai pembaca blog ini (melalui
Feedburner), komunikasi antara perusahaan dan pelanggan terjalin dengan sangat
baik.
2)
Memperlihatkan Kemampuan Perusahaan
Bagi perusahaan (dan juga
personal), blog dapat menjadi media untuk membangun ‘company branding’.
Perusahaan dapat menyajikan artikel, jurnal atau hasil penelitian yang
berkenaan dengan produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Dengan
demikian, pelanggan akan merasa bahwa perusahaan yang bersangkutan memang ahli
di bidangnya, terbukti banyaknya tulisan yang disajikan mengenai produk dan
layanannya. Sebagai contoh kecil berdasarkan pengalaman saya. Saya cukup banyak
membuat artikel dan tutorial mengenai pemrograman web dengan PHP dan MySQL di
blog saya, http://achmatim.net. Bahkan saya membagikannya secara gratis dalam
bentuk buku gratis. Dari blog tersebut, beberapa kali saya mendapatkan tawaran
project dan permintaan untuk menjadi trainer. Jadi dengan membuat posting
tentang suatu topik di blog, pengunjung akan percaya bahwa penulisnya tentu
memiliki keahlian di topik tersebut.
3)
Menarik Perhatian Pelanggan
Perusahaan dapat memanfaatkan
blog untuk menarik perhatian pelanggan tentang suatu produk yang akan diluncurkan.
Perusahaan dapat membuat serangkaian tulisan yang menarik dan undang
sebanyak-banyaknya pelanggan untuk ikut berkomentar. Sebagai contoh, banyak
produser film yang memanfaatkan situs atau blog untuk membangun opini publik
sebelum film dirilis. Dengan adanya tulisan berkenaan dengan film yang akan
dirilis, membuat orang akan merasa penasaran, sehingga banyak orang yang
tertarik untuk menonton film saat dirilis.
4)
Meningkatkan Penjualan
Buzz Bruggeman, merupakan salah
satu pendiri perusahaan ActiveWords. ActiveWords merupakan perusahaan yang
membuat dan menjual suatu software yang memungkinkan kita untuk membuat
shortcut ke berbagai file, folder atau aplikasi di komputer kita. Target
penggunanya adalah orang yang ingin bekerja secara cepat dan efisien. Buzz
mengatakan bahwa lebih dari 50 persen pengunjung yang mendownload softwarenya,
berasal dari blog seseorang yang mereview software ActiveWords. Bahkan sebuah review di USA Today dapat
menaikkan penjualan hingga 2.3 juta sehari.
5)
Memperbaiki Kesalahan
Perusahaan Mungkin beberapa dari
kita pernah mendengar atau membaca mengenai kasus yang dialami oleh sebuah
perusahaan gembok terkenal yaitu Kryptonite. Perusahaan ini mengalami kerugian
hingga jutaan dollar karena terlambat menyadari bahwa salah satu produknya
ternyata cacat. Salah satu konsumen menemukan bahwa hanya dengan menggunakan
pensil, kunci dapat dibuka dengan mudah. Konsumen tersebut menuliskan temuannya
di blog pribadinya. Efeknya menjadi sangat besar saat salah satu blog terkenal,
http://engadget.com, mempublikasikan tulisan yang sama. Ribuan konsumen
pengguna kunci dari Kryptonite menuntut perusahaan, dan akibatnya perusahaan
harus mengganti seluruh kerugian yang dialami oleh konsumen dan menarik semua
produknya yang cacat. Sebenarnya hal tersebut tidak akan berlanjut hingga
mengakibatkan kerugian besar bagi perusahaan jika perusahaan cepat-cepat menanggapi
temuan yang ditulis pertama kali dan dengan segera melakukan perbaikan.
6)
Sebagai media kolaborasi, project management dan
komunikasi internal
Bagi internal perusahaan, blog
juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi dan kolaborasi antar
karyawannya. Setiap karyawan didorong untuk menuliskan segala hal mengenai
perusahaan, baik berupa usulan, komentar, ide, saran maupun kekecewaan dalam blognya
masing-masing. Komunikasi yang terjalin antar karyawan melalui blog akan
mengakibatkan suasana bekerja lebih kondusif dan pada akhirnya akan
meningkatkan etos kerja dan produktivitas karyawan
·
Google Plus
Google Plus merupakan jejaring
sosial yang dioperasikan oleh Google Inc. Google plus dikeluarkan pada tanggal
28 Juni 2011 dengan sistem undangan untuk diuji coba pada hari tersebut, pengguna Google plus diijinkan untuk
mengundang teman di atas 18 tahun, untuk membuat akun. Namun, sehari kemudian Google
plus diberhentikan, sebab pembuatan akun semakin membeludak.
Google plus mengintegrasikan
layanan sosial seperti Google Profile dan Google Buzz, dan memperkenalkan
layanan baru seperti Circles, Hangouts, Sparks, and Huddles. Google plus juga
akan tersedia dengan berbagai aplikasi desktop dan aplikasi ponsel, tetapi
hanya pada Android dan sistem operasi (OS).
Manfaat Google plus salah satunya
adalah untuk mendapatkan income atau pendapatan. Manfaat paling utama dari
google plus dilihat dari penggunaannya sebagai usaha adalah dari segi
marketing, promo dan juga meningkatkan penjulanan. Saat menjalankan bisnis, maka
google plus dapat dimanfaatkan dalam pemasaran inline. Pada dasarnya penggunaan promosi online
dengan menggunakan google plus tidak ada bedanya dengan media sosial lainnya,
tetapi ada beberapa cara dalam menggunakan google plus dengan baik untuk
keperluan usama/ sebagai promosi usaha :
1)
Tingkatkan jumlah pertemanan pada aplikasi
Google plus.
Dengan semakin banyak teman dalam
lingkaran (circle) pertemanan, maka kesempatan usaha atau promosi usaha akan
banyak dikenal banyak orang. Salah satu cara menambah teman adalah dengan klik
tulisan “tambah” tau “add” disisi kanan
dari nama profil yang ada.
2)
Rutin memposting mengenai produk yang
dipromosikan
Memberi pengetahuan mengenai
produk (product knowledgw) kapada temanteman dilingkarang Google plus. Sebab
dengan member informasi mengenai manfaat, detail produk, kelebihan dan cara
penggunaan produk, membuat teman atau konsumen anda yang berada di Google plus
akan mengenal lebih mengenai produk yang sedang dipromosikkan.
3)
Tulis mengenai tips yang berhubungan dengan
produk yang dipromosikan
Memberikan tips, trik, tutoeial
menegenai produk yang dipromosikan merupakan cara terbaik untuk memberikan pengetahuan
mengenai produk tersebut. Selain itu, dapat memperlihatkan kemampuan atau
expertise mengenai bisnis yang sedang dijalnkan. dengan memperlihatkan
kemampuan serius dalam melakukan promosi produk, maka akan membuat teman-teman
pada Google plus percaya bahawa promosi ini serius dan memiliki kemampuan yang
dipercaya dalam menjalankan bisnis tersebut, dan calon yang menjadi konsumen
anda tidak akan ragu untuk memulai mengontak atau berhubungan bisnis.
4)
Membuat google page dengan nama bisnis
Google memiliki produk berupa
google page. Dimana setiap pemilik Google account dapat membuat beberapa dan
digunakan sesuai keperluannya. Google page dapat dimanfaatkan intuk
mempromosikan usaha yang dilakukan, selain itu dapat meningkatkan penjualan, Sebagai
salah satu media komunikasi, media sosial tidak hanya dimanfaatkan untuk
berbagi informasi dan inspirasi, tapi juga ekspresi diri (self expression),
"pencitraan diri" (personal branding), dan ajang "curhat"
bahkan keluh-kesah dan sumpah-serapah. Status terbaik di media sosial adalah
update status yang informatif dan inspiratif.