Selasa, 29 Januari 2019

Pengertian Komunikasi


Pengertian komunikasi secara umum

     Komunikasi merupakan pertukaran informasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan maksud dan tujuan tertentu. Sedangkan, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) komunikasi merupakan pengiriman dan penerimaan informasi, berita, atau pesan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih sehingga maksud atau pesan tersebut dapat dipahami.


Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli
  • Carl I. Hovland, menurut pendapatnya komunikasi merupakan proses yang mungkin dilakukan oleh pembawa informasi dengan tujuan memberikan rangsangan kepada orang lain untuk mengubah perilakunya.
  • Stewart L. Tubbs & Sylvia, menurut mereka komunikasi merupakan perpindahan informasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  • Aristoles, menurut Aristoteles komunikasi adalah alat yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam proses demokrasi.
  • Everett M. Rogers, menurutnya komunikasi adalah penyaluran ide atau maksud dari sumber satu ke sumber yang lain dengan tujuan mengubah tingkah laku penerima ide.
  • Shannon & Weaver, komunikasi adalah interaksi yang saling mempengaruhi yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain baik disengaja maupun tidak. Menurutnya komunikasi tidak terbatas pada bahasa verbal saja, namun juga pada ekspresi wajah, lukisan, teknologi, dan lainnya.
  • James A. F. Stoner, komunikasi adalah sebuah proses yang dilakukan seseorang dengan tujuan memberikan pengertian kepada orang lain dengan memindahkan suatu pesan tertentu.
  • Raymond S. Ross, komunikasi merupakan sebuah proses memilih, menyortir, atau memberi informasi kepada seseorang agar pendengar informasi tersebut memahami makna sesuai dengan yang dimaksudkan pemberi informasi.
  • Djenamar SH, komunikasi merupakan seni untuk menyampaikan ide-ide atau informasi tertentu dari seseorang kepada orang lain.
  • Sarah Trenholm dan Arthur Jensen: Communication is a process by which a source transmits a message to a receiver through some channel (Komunikasi adalah suatu proses di mana sumber mentransmisikan pesan kepada penerima melalui berbagai saluran). 
  • Harold D. Lasswell: Komunikasi itu tentang siapa mengatakan apa, dengan cara apa, kepada siapa, dan apa dampaknya.
  • Bernard Berelson dan Gary A. Steiner: Komunikasi adalah transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan, dan sebagainya, dengan menggunakan simbol-simbol, dan sebagainya. Tindakan atau proses transmisi itulah yang biasa disebut komunikasi.
Fungsi Komunikasi

     Komunikasi memiliki banyak fungsi dalam kehidupan sehari-hari. Beerikut fungsi-fungsi komunikasi tersebut.
  • Sumber informasi, melalui komukasi seseorang akan mendapatkan sebuah informasi. Baik informasi yang dilakukan antara dua individu saja atau lebih. Informai akan kita dapatkan apabila kita menerima informasi dari orang lain, begitu pun sebaliknya
  • Kendali, dalam masyarakat tentu saja ada norma atau aturan-aturan tertentu yang diterapkan. Norma tersebut biasanya berbeda antara satu wilayah dengan wilayah yang lainnya. Hanya melalui komunikasi atauran atau norma tersebut dapat tersampaikan kepada masyarakat, artinya apabila suatu maksud tersebut dapat dipahami maka dapat mengendalikan perilaku suatu masyarakat tertentu.
  • Motivasi, melalui berbagai macam obrolan atau perbincangan dengan orang lain, seseorang akan dapat termotivasi, apabila obrolan tersebut mengarah pada pemberian motivasi kepada orang tersebut.

 Tujuan Komunikasi
  • Bertukar informasi kepada orang lain. Komunikasi dilakukan dengan tujuan memberikan informasi kepada orang yang kita ajak bicara, begitu juga sebaliknya, kita berkomunikasi kepada orang lain agar mendapatkan infomasi dari orang lain.
  • Agar dapat memahami orang lain. Kita dapat mmahami maksud dari orang lain dengan cara melakukan komunikasi dengan orang tersebut. Jika hanya diam tanpa melakukan komunikasi, kita tidak akan memahami orang lain dan orang lain juga tidak akan bisa memahami kita.
  • Agar pendapat kita dapat diterima oleh orang lain. Agar pendapat yang kita sampaikan dapat diterima oleh orang lain tentu saja kita harus melakukan komunikasi atau memberikan informasi dan maksud kita dengan jelas kepada orang lain.
  • Agar orang lain dapat melakukan sesuatu seperti yang kita maksudkan. Kita harus melakukan komunikasi dengan orang lain apabila kita ingin agar seseorang melakukan apa yang kita inginkan. Misalkan kita ingin meminta bantuan kepada orang lain, berarti kita harus berbicara kepada orang yang bersangkutan. Biasanya jika tidak di komunikasikan orang tidak akan peka.




4 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^

    BalasHapus
  2. If you're looking to lose weight then you need to get on this totally brand new personalized keto plan.

    To design this keto diet service, certified nutritionists, fitness couches, and chefs have joined together to develop keto meal plans that are powerful, decent, money-efficient, and delightful.

    From their launch in 2019, 1000's of individuals have already completely transformed their body and well-being with the benefits a good keto plan can offer.

    Speaking of benefits: in this link, you'll discover 8 scientifically-tested ones provided by the keto plan.

    BalasHapus